JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Petik Buah Sukun, Warga Karangmalang Sragen Mendadak Pingsan Hampir 1,5 Jam di Atas Pohon. Tubuhnya Ditemukan Tersangkut di Atas Batang

Ilustrasi proses evakuasi warga pingsan di atas pohon. Foto/JSnews


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga Kampung Jagan, Kelurahan Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen digegerkan dengan insiden seorang warga pingsan di atas pohon, Sabtu (10/7/2021).

Warga bernama Agus Yanto (45) asal Kampung Jagan RT 19 itu mendadak ditemukan tak sadarkan diri tersangkut di atas dahan batang pohon sukun miliknya.

Beruntung korban masih bisa diselamatkan dan segera dibawa ke rumah sakit. Namun insiden itu sempat membuat geger warga dan butuh waktu untuk mengevakuasi korban dari atas pohon.

Data yang dihimpun di lapangan, insiden itu terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Menurut salah satu tetangga sekaligus saksi mata, Kuatno, kejadian bermula ketika korban hendak memetik sukun di pekarangan rumahnya.

Semula tidak ada kendala apapun saat korban berhasil memanjat ke atas pohon. Setelah berhasil memetik buah sukun, mendadak korban tak bergerak dan tubuhnya tersandar di atas batang.

Beberapa rekan dan warga yang mengetahui, curiga dengan kondisi korban yang tak bergerak.

Baca Juga :  Innalillahi, 18 Warga Sragen Meninggal Sehari Terpapar Covid-19 dan Tambah 140 Kasus Positif Baru

“Tadi mau petik sukun di rumahnya. Nah pas sampai di pogrok (batang) dia itu pingsan. Ada teman dan warga tahu tubuhnya semampir di pogrok lalu lari ke rumah saya suruh nyelukne (menghubungi) Damkar,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (10/7/2021).

Kuatno menceritakan Agus diperkirakan pingsan di atas pohon sekitar 1,5 jam. Beruntung, tubuhnya tersangkut di dahan sehingga tidak langsung jatuh ke tanah.

Tak lama berselang, warga berdatangan membantu mengevakuasi korban dari atas pohon. Bersamaan itu, tim Satpol PP dan PLN juga datang.

“Jadi pingsannya dari jam 11.00 WIB sampai 12.30 WIB. Terus bisa dievakuasi warga dan tetangga lalu dibawa turun. Sampai rumah belum sadar juga, lalu dibawa ke RS Mardi Lestari Sragen. Setelah dicek ternyata dinyatakan gejala stroke,” terang Kuatno.

Saat ini korban masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Kasi Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Sragen, Anton Sujarwo membenarkan ada informasi warga pingsan di atas pohon itu. Ia mengatakan sesaat usai menerima laporan, tim langsung diterjunkan ke lokasi.

Baca Juga :  Siswa SMAN 1 Sragen Sukses Juarai Lomba Hastag PT Bank BPR Djoko Tingkir. Simak Hastag Pemenang Lengkap dengan Maknanya!

“Tapi begitu sampai di lokasi, korban sudah berhasil dievakuasi oleh warga,” tuturnya. Wardoyo