JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

PPKM Darurat, Kabareskrim Ingatkan Anggota Polisi Tidak Arogan ke Masyarakat

Foto ilustrasi. Kepala Satpol-PP Wonogiri, Waluyo (tengah) saat operasi malam PPKM Darurat. Dok. Satpol PP Wonogiri

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Penerapan PPKM Darurat untuk menekan laju penularan Covid-19 memang perlu dilakukan dengan disiplin yang ketat.

Meski demikian, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Agus Andrianto meminta seluruh anggota Polri tidak bersikap arogan saat bertugas di lapangan.

“Mohon jajaran mengingatkan agar semua lini tidak bersifat arogan kepada masyarakat. Seperti contoh di Solo (Jawa Tengah) yang menggunakan bahasa daerah dan lebih persuasif,” ujar Agus melalui keterangan tertulis pada Selasa (20/7/2021).

Khusus kepada para pedagang, Agus mempersilakan mereka berjualan. Namun, ia mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak dan menggunakan masker.

“Kecuali, sudah melanggar jam operasional yang ditentukan,” ucap Agus.

Baca Juga :  Unggah Postingan Ajakan Aksi Tuntut Keadilan Gegara PPKM Darurat, 3 Warga Banyumas Langsung Ditangkap Polisi. Seruannya di Postingan FB Ngeri!

Diketahui, selama masa PPKM Darurat ini, seluruh tempat makan diperbolehkan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB dengan ketentuan tidak boleh makan di tempat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta aparat di lapangan agar tak bertindak kasar dalam melaksanakan aturan PPKM Darurat.

Hal itu berkaca pada sejumlah kejadian kekerasan yang dilakukan aparat kepada masyarakat saat penertiban.

“Hati-hati dalam menurunkan mobility indeks, mengenai penyekatan dan penanganan terhadap masyarakat, terhadap pedagang, PKL, toko, saya minta kepada Polri, dan juga Mendagri kepada daerah agar jangan keras dan kasar. Tegas dan santun,” kata Jokowi dalam Rapat Terbatas Evaluasi PPKM Darurat, Jumat (16/7/2021), yang ditayangkan dalam YouTube Sekretariat Presiden Sabtu (17/7/2021).

Baca Juga :  Kabar Baik untuk Para Siswa dan Tenaga Kependidikan! Subsidi Kuota Internet Diperpanjang Hingga Desember 2021

www.tempo.co