JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Banyak Perantau dan Pedagang Sragen Nunggak Sampai Rp 300 Juta, PDAM Luncurkan Program Pembayaran Melalui BRIVA. Cukup Masukkan Kode, Bayar dari Mana Saja Bisa

Metode pembayaran tagihan PDAM melalui BRIVA. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Perumda PDAM Tirto Negoro Sragen membuat terobosan baru terkait metode pembayaran tagihan.

Kini pelanggan yang berada di luar kota atau jauh dari fasilitas pembayaran, bisa memanfaatkan program baru pembayaran tagihan melalui BRIVA.

Program layanan pembayaran secara online itu dilakukan dengan menggandeng bank BRI. Briva yang merupakan kependekan dari BRI Virtual Account itu resmi dibuka mulai bulan Agustus 2021 ini.

Dirut Perumda PDAM Tirto Negoro, Supardi melalui Sekretaris Perusahaan atau Corporate Secretary, Siswanto mengatakan metode BRIVA itu merupakan terobosan layanan pembayaran tagihan secara transfer bekerjasama dengan BRI.

Pelanggan kini bisa melakukan pembayaran melalui ATM BRI di semua wilayah, maupun agen-agen layanan BRI yang tersebar di semua wilayah.

Dengan teknologi itu diharapkan makin memperluas akses pembayaran bagi pelanggan tanpa harus datang ke kantor.

” Tujuannya untuk peningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan memudahkan mereka melakukan pembayaran. Jadi tidak harus ke cabang tapi cukup dengan transfer di agen atau ATM BRI terdekat. Jadi mau bayar dari mana saja bisa. Karena BRI sudah ada di mana-mana dan ATM serta agen BRILink juga di mana-mana,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (5/8/2021).

Baca Juga :  Breaking News: Kecelakaan Bus Rombongan Ibu Ibu PKK Asal Sragen di Ngargoyoso Karanganyar
Siswanto. Foto/Wardoyo

Siswanto menguraikan penerapan metode transfer melalui BRIVA digagas atas fenomena munculnya tunggakan tagihan yang rata-rata di angka Rp 300 juta perbulan.

Nominal itu merupakan tunggakan tagihan bulan berjalan atau setelah batas waktu penutupan pembayaran tanggal 20 setiap bulan.

“Dengan kemudahan pembayaran ini, harapannya bisa menekan residu tunggakan bulanan. Sehingga tidak banyak tunggakan yang mengendap,” tandasnya.

Cara Pembayaran 

Lebih lanjut ia menyampaikan, tunggakan sebesar itu, sebagian besar disumbang oleh pelanggan yang boro atau merantau.

Karena pemiliknya sedang merantau, biasanya pembayaran terabaikan atau molor sehingga menjadi tunggakan. Padahal biasanya rumah pelanggan boro relatif bagus.

Kemudian penyumbang tunggakan lainnya adalah pedagang pasar. Kemungkinan mereka terlalu sibuk dengan aktivitas sehingga kadang tidak punya waktu untuk datang ke loket atau kantor untuk membayar tagihan tepat waktu.

Baca Juga :  Abaikan Keselamatan, Tower BTS di Desa Purworejo Gemolong Sragen Diam-Diam Nekat Perpanjang Izin Tanpa Persetujuan Warga, Warga Bakal Demo Besar-Besaran Jika Tidak Segera Dibongkar !

“Dengan program BRIVA ini jadi sangat mudah. Bisa dilakukan di mana saja kapan saja. Yang merantau di luar Jawa pun bisa bayar karena di luar Jawa BRI juga banyak, ATM juga menyebar di mana-mana. Tinggal datang ke layanan BRI itu, ketik sendiri, bayarkan, sudah,” terangnya.

Siswanto menjelaskan untuk pembayaran metode ini, pelanggan bisa membayar melalui menu pembayaran BRIVA di Brimo, CRM/ATM, agen BRILink, dan seluruh E-Channel BRI di mana saja.

Setelah itu, pelanggan tinggal memasukkan kode 55195 plus no ID pelanggan. Kemudian pelanggan tinggal mentransfer sesuai nominal ke tagihan dengan aplikasi BRIVA tersebut.

“Dua digit di depan kode unit cabang lalu plus nomor ID pelanggan. Sangat mudah. Nanti di kantor sini juga akan dipasangi banner. Singkatnya kami ingin bagaimana pelanggan lebih mudah membayar tagihan,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com