JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Jangan Khawatir Riders! Begini Tips Aman Ketika Berkendara Selama Pandemi Covid-19

ilustrasi berkendara aman / pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Hingga saat ini Pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir, termasuk di Indonesia.

Untuk itu, masyarakat berangsur-angsur beradaptasi dengan situasi yang terjadi saat ini. Hal itu sangat penting bagi pengendara sepeda motor, sebab tak hanya mengacu pada kaidah safety riding tetapi juga harus beradaptasi dengan hal baru ketika berkendara selama pandemi Covid-19.

Koordinator  Chief Yamaha DDS Jabodetabek Frengky Rusli, mengingatkan kepada masyarakat khususnya para pengendara sepeda motor agar tetap menerapkan protokol kesehatan mulai dari mempersiapkan diri sebeum berkendara, saat berkendara, serta setelahnya.

“Selain mengecek kondisi motor sebelum berkendara, selalu gunakan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sepatu, sarung tangan, dan jaket. Kami harap masyarakat Indonesia bisa semakin peduli akan pentingnya keselamatan berkendara dimulai dari diri sendiri,” Kata Frengky, Minggu(1/8/2021).

Frengky juga berpesan agar para pengendara motor selalu mengecek kondisi kesehatan badan dan juga kondisi kendaraan yang digunakan sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat dilakukan ketika berkendara selama Pandemi.

Pertama, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat untuk melakukan aktivitas berkendara. Untuk memastikan kondisi  tubuh dapat menggunakan alat medis sederhana seperti Thermometer untuk mengecek suhu tubuh atau Oximeter untuk mengecek saturasi kadar oksigen.

Kedua, pastikan kondisi motor dalam keadaan baik. Hal ini harus diperhatikan dengan teliti dimulai dari tekanan ban, kondisi rem, kopling, sampai kondisi lampu depan dan belakang. Lalu, jangan lupa untuk menggunakan masker yang sesuai dengan anjuran pemerintah. Bagi pengendara yang menggunakan buff juga disarankan agar menggunakan masker yang sesuai agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik.

Selanjutnya, pastikan menggunakan safety gear mulai dari helm, sepatu, sarung tangan, hingga jaket. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya menggunakan sarung tangan yang dapat melindungi seluruh bagian tangan (full cover).

Pastikan kaca helm (visor) selalu dalam keadaan tertutup ketika berkendara. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko masuknya benda asing serta mengusap mata dalam perjalanan. Disarankan juga agar tidak bergantian helm dengan orang lain.

Kemudian untuk berjaga-jaga, selalu sediakan masker cadangan dan juga hand sanitizer. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga, seperti masker basah atau kotor.

Terakhir, ketika sampai di tempat tujuan sangat disarankan untuk mencuci tangan dan melakukan penyemprotan disinfektan pada motor dan juga riding gear setelah digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko terpapar bakteri dan virus. Hanifah Yulia Putri S

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com