JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Asyik, Boyolali Besok Gelar Vaksinasi Serentak di 267 Desa/Kelurahan

Warga sedang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Boyolali / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMRANEWS.COM – Upaya percepatan vaksinasi digelar Pemkab Boyolali. Bahkan,  261 desa dan 6 kelurahan bakal menggelar vaksinasi serentak, Senin (27/9/2021).

“Vaksinasi melibatkan 267 tim vaksin desa masing- masing,” ujar Plt Kepala Dinkes Boyolali, Insan Adi Asmono, Minggu (26/9/2021).

Dijelaskan, pihaknya sudah melakukan uji coba di beberapa desa di sejumlah kecamatan. Dan Senin besok, bakal dilakukan vaksinasi secara serentak. Vaksinasi ini juga didukung ketersediaan vaksin.

“Saat ini stok vaksin dipastikan aman dengan jumlah 31.777 dosis,” ujarnya.

Baca Juga :  Kasus Pembunuhan Ibu oleh Anak Kandung di Boyolali Direkonstruksi, Pelaku Miliki Riwayat Penyakit Jiwa

Sehingga vaksinator di Boyolali sebenarnya memiliki kemampuan penyuntikan vaksin diatas 25.000 dosis/ hari. Namun demikian, kegiatan vaksinasi tidak digelar setiap hari. Vaksinasi serentak akan dilakukan dua atau tiga kali seminggu.

“Ini dilakukan agar tidak  mengganggu kinerja yang lain.”

Disinggung capaian vaksin, hingga kini di Boyolali sudah mencapai  55 persen.  Pihaknya optimis hingga akhir tahun bisa terlampui target 75 persen. Hal ini mengingat dari hitungan kasar, vaksinasi bis amencapai 20 persen/ bulan.

“Hingga akhir minggu ketiga selama September ini saja, kenaikannya sudah 18 persen. Hingga akhir bulan bisa 20 persen.”

Baca Juga :  Sebanyak 875 JCH Boyolali Ikuti Manasik, Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Menurut Insan, vaksinasi berporos desa merupakan terobosan baru dilakukan Dinkes Boyolali guna mempercepat vaksinasi. Caranya dengan melibatkan aktif bidan desa dan tim desa masing- masing. Tim didukung Babinsa/Babinkamtibmas, perangkat desa dan relawan untuk screening.

Sehingga total ada 267 tim vaksin desa dan kelurahan dengan target capaian 365 vaksin/ hari. Tim juga sudah mendapatkan pelatihan cara penyuntikan vaksin di Puskesmas setempat pada Senin- Rabu (13-15/9). Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com