JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Menengok Kehebatan Larasnissa Wandan, Penyair Cilik Asal Sragen dengan Segudang Prestasi. Raih 12 Penghargaan Hingga Tingkat Nasional Selama Pandemi

Larasnissa Wandan Nilam Kusumastuti, siswi berprestasi yang meraih 12 penghargaan lomba baca puisi hingga nasional asal SDIT Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen saat bersama Kepsek SDIT, Anas Sayyidina, Jumat (3/9/2021). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masa pandemi ternyata tak serta mematikan kreativitas dan menjadi halangan untuk berprestasi.

Seperti yang ditunjukan sejumlah siswa bertalenta istimewa di Sragen. Setelah Ahmad Aziz Habibulloh asal SMAN 1 Sragen yang meraih 113 penghargaan, kali ini prestasi mengesankan juga ditorehkan oleh Larasnissa Wandan Nilam Kusumastuti (9).

Siswi kelas IV SDIT Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen itu juga meraih prestasi fantastis dengan 12 penghargaan dari berbagai ajang lomba Baca Puisi baru-baru ini.

Hebatnya, 12 penghargaan itu diraih hanya dalam kurun setahun terakhir selama masa pandemi.

Ditemui di sekolahnya, Jumat (3/9/2021) siswi mungil itu tampak ceria dan sumringah. Ia mengatakan 12 penghargaan itu diraihnya dari berbagai lomba tingkat regional hingga nasional.

Penghargaan terakhir sebagai Juara 1 Favorit Lomba Puisi Tingkat Nasional yang diselenggarakan Mifest Jogja belum lama ini, diakuinya menjadi yang paling berkesan.

“Yang paling berkesan yang terakhir penghargaan di Mifest Jogja kemarin. Karena bagi aku kemarin itu lebih maksimal dari pada yang sebelumnya,” ujar putri pasangan Wiyanto SPd dan Isyana Raras SPd itu, Jumat (3/9/2021).

Siswi yang akrab disapa Wandan itu menguraikan membaca puisi memang menjadi hobinya sejak kecil. Keikutsertaannya di berbagai lomba muncul atas inisiatifnya serta dukungan dari orangtua dan sekolah.

Dorongan dan bimbingan pihak sekolah, diakui makin membuatnya semangat untuk tampil bagus di setiap kejuaraan.

“Terimakasih untuk semua yang udah mendoakan dan menyemangati sehingga bisa menang tiap kejuaraan,” terang siswi yang duduk di kelas IV A kelas unggulan tersebut.

Lebih lanjut, ia menyampaikan selain dukungan semua pihak, latihan intensif menjadi kunci keberhasilannya. Wandan menyebut hampir setiap hari selalu menyempatkan latihan terutama apabila ada waktu luang.

Menjelang ikut lomba, intensitas latihan makin ditingkatkan. Denhan latihan keras, ia mengaku memiliki percaya diri dan lebih yakin menatap setiap kompetisi.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

“Jadi ada lomba atau tidak, tiap hari kalau ada waktu luang, saya latihan terus,” imbuh siswi yang bercita-cita jadi dokter dan ingin membahagiakan orangtuanya itu.

Meski meraih banyak juara, Wandan mengaku tak ingin jemawa. Ia tetap ingin berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, ramah, suka bergaul dengan semua orang dan tidak menjadikannya sombong.

“Karena apa yang saya raih juga berkat dukungan dan doa semua pihak. Saya juga bangga sekolah di SD Bitrul Walidain Muhammadiyah Sragen karena bisa menyalurkan bakat dan difasilitasi dengan baik oleh sekolah,” tutur pengagum penyair kenamaan Sapardi Darmono itu.

Sekolah Memfasilitasi

Sementara, Kepala SDIT Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, Anas Sayyidina mengakui bakat besar yang dimiliki Wandan di bidang baca puisi.

Bahkan selama masa pandemi, siswinya itu mampu berprestasi dengan meraih 12 penghargaan di berbagai ajang lomba baca puisi baik tingkat lokal maupun nasional.

Larasnissa Wandan Nilam Kusumastuti, siswi berprestasi yang meraih 12 penghargaan lomba baca puisi hingga nasional asal SDIT Birrul Walidain Muhammadiyah saat menunjukkan salah satu piala yang diraihnya. Foto/Wardoyo

Selain bakat dan ketertarikan yang bersangkutan, masa pandemi banyak memberi peluang untuk bisa ikut lomba yang bersifat online.

“Sampai saat ini, Mbah Wandan ini sudah meraih sekitar 12 penghargaan dari kejuaraan tingkat lokal hingga nasional. Itu memang karena dia memang punya minat bakat di puisi. Dari sekolah, kita mengarahkan anak anak yang mempunyai bakat dan minat bidang tertentu, kita dorong dan kita fasilitasi agar anak berprestasi di bidang tersebut,” terangnya.

Anas berharap apa yang diraih Wandan bisa memacu yang bersangkutan untuk terus mengembangkan kemampuannya. Lebih dari itu, prestasi itu diharapkan bisa memotivasi siswa dan santri lain agar bisa mengikuti jejak meraih prestasi di bidangnya masing-masing.

“Jadi walaupun pandemi seperti ini tidak menghalangi anak- anak untuk tetap berprestasi. Dari sekolah semua diperlakukan sama, anak yang punya bakat kita fasilitasi kebutuhan apa yang bisa kami bantu dan kita dorong,” tandasnya.

Baca Juga :  Media Sragen Terkini (MST HONGKONG), Grup Pertama yang Terdaftar di Kemenkumham dan Memiliki Anggota Terbanyak di Kota Sragen

Ibunda Wandan, Isyana Raras menuturkan putrinya itu memang tertarik seni puisi sejak duduk di bangku TK. Sebagai orangtua, dirinya terus mendorong dan memotivasi agar terus bisa mengasah kemampuan dan berprestasi.

“Baginya, puisi adalah seni yang bisa mengekspresikan pesan dan semangat sehingga dia bisa mengungkapkan isi hatinya. Alhamdulillah selama mengikuti lomba, ananda Wandan bisa dapat banyak juara. Yang jelas sebagai orangtua juga ikut senang dan bangga,” tandasnya. Wardoyo

SEPUTAR PROFIL DAN PRESTASI:
Nama : Larasnissa Wandan Nilam Kusumastuti
Sekolah : SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen
Kelas: Unggulan IV A

Prestasi yang Diraih:
– Juara Harapan 2 lomba puisi tingkat Nasional diselenggarakan oleh mifest jogja
– Juara 1 Favorit puisi tingkat Nasional diselenggarakan mifest jogja
– Juara 2 membaca Nyaring TK Nasional diselenggarakan yayasan Alfurqon jogja
– Juara 1 Favorit membaca nyaring tingkat Nasional diselenggarakan yayasan Alfurqon Jogja
– Juara 2 puisi kategori SD diselenggarakan oleh Madrasah Mu”allimat jogjakarta
– Juara 3 lomba baca puisi kategori SD tingkat se-Jawa diselenggarakan the Champion jawa Timur
– Juara Harapan 1 lomba puisi kategori SD diselenggarakan paradhuta jawa Timur
– Juara 2 lomba puisi tingkat Nasional kategori SD kilau prestasi ramadhan yang diselesaikan paradhuta jawa timur
– Juara favorit puisi kategori SD diselenggarakan oleh SMP Muhammadiyah Kedawung Sragen
– Juara 1 lomba baca puisi tingkat Nasional diselenggarakan oleh Paradhuta Jawa Timur
– Juara 3 lomba Tari FLS2N mewakili SD Birrul Walidain Muhammadiyah Kab Sragen
– Juara 1 lomba baca puisi dan cipta karya yang diselenggarakan oleh SMP Muhammadiyah Tujuh Unggulan Karang Anyar.
Sumber: Wawancara

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com