JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Setelah 3 Hari Mengorbit, Akhirnya Kru Inspiration4 Berhasil Kembali ke Bumi

twitter
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Lepas pantai Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Minggu (19/9/2021). Di sanalah kru Inspiration4 berhasil mendarat kembali ke Bumi setelah menjalankan misi selama tiga hari di luar angkasa.

Misi yang dijalani oleh 4 orang warga sipil tersebut dimulai dengan peluncuran roket Falcon 9 yang membawa kapsul Dragon milik SpaceX pada Kamis pagi (16/9/2021) WIB.

Sebagaimana dikutip dari liputan6.com, ucapan selamat datang diberikan oleh Kris Young, Space Operations Director di SpaceX Mission Control, begitu kru berhasil melakukan pendaratan.

“Inspiration4, atas nama SpaceX, selamat datang di planet Bumi,” kata Kris Young.

Kris Young juga mengungkapkan bahwa luar angkasa merupakan milik semua orang. Menurutnya, orang biasa sekalipun dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat dan dunia. Keberhasilan empat orang warga sipil menjalankan misi ke luar angkasa telah membuka sejarah baru.

“Misi Anda telah menunjukkan kepada dunia bahwa luar angkasa adalah untuk kita semua, dan bahwa orang biasa dapat membuat dampak luar biasa di dunia sekeliling mereka,” ujarnya.

Pimpinan sekaligus sponsor misi Inspiration4, Jared Isaacman, mengatakan bahwa misi yang baru saja mereka jalani merupakan sebuah langkah awal.

“Kita baru saja memulai,” ujar miliarder tersebut.

Sejarah baru telah terukirkan menyusul keberhasilan misi ini. Untuk pertama kalinya, sebuah misi perjalanan ke luar angkasa berhasil sukses dijalankan dengan anggota kru sepenuhnya warga sipil.

Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Chris Sembroski, dan Dr. Sian Proctor adalah kru warga sipil pertama di dunia yang berhasil pergi ke luar angkasa dan mendarat kembali ke Bumi.

Penerbangan itu pun berhasil mencetak sejarah dengan pilot pesawat luar angkasa yang seorang wanita kulit hitam pertama, orang AS termuda yang melakukan perjalanan ke luar angkasa, serta orang pertama di dunia yang ke luar angkasa dengan bagian tubuh prostetik.

Kesuksesan misi Inspiration4 juga dibarengi dengan keberhasilan penggalangan dana yang menjadi salah satu alasan dilaksanakannya misi ini.

Di laman resminya, Inspiration4 menyatakan dana untuk Rumah Sakit St. Jude terkumpul sekitar US$ 154 juta dan akan terus bertambah. Grahita Narasetya

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com