JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sudah Minum Kopi Kok Malah Mengantuk, Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi secangkir kopi. Foto: pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM Minum kopi telah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat di seluruh dunia. Bahkan banyak orang selalu minum kopi sebelum memulai aktivitas pagi.

Kopi dianggap bisa meningkatkan semangat dan dapat mengusir rasa kantuk. Kopi mungkin diandalkan apabila kita ingin terjaga semalaman. Tetapi, apa jadinya bila kopi justru memberikan efek sebaliknya.

Para ahli menyebut secangkir kopi rata-rata mengandung sekitar 90 miligram kafein.

Jumlah itu kira-kira tiga hingga empat kali lebih banyak dari yang ada di banyak jenis minuman umum lainnya seperti teh. Namun, para peneliti pun menyebut kopi sebenarnya bisa membuat kita mengantuk seiring waktu.

Baca Juga :  Ini Gejala Awal Kanker Tiroid yang Perlu Diwaspadai

“Paradoks kafein adalah bahwa dalam jangka pendek, kafein membantu perhatian dan kewaspadaan. Ini membantu beberapa tugas kognitif, dan membantu tingkat energi. Tetapi efek kumulatif, atau dampak jangka panjang justru memiliki efek sebaliknya,” kata profesor psikiatri di Departemen Psikiatri Universitas Washington, Mark Stein.

Berikut alasan mengapa kopi sebenarnya bisa membuat kita lebih mengantuk, dilansir laman Eat This Not That, Minggu(12/9/2021).

Baca Juga :  Menggoreng dengan Minyak Terlalu Panas Bisa Berisiko pada Kesehatan

1. Saat kopi habis ada efek ingin tidur

Beberapa ahli tidur menyebut tekanan tidur sebagai perasaan alami tubuh yang membutuhkan tidur yang meningkat sepanjang hari. Seorang ahli saraf tidur di Universitas Johns Hopkins, Seth Blackshaw mengatakan, ketika efek kafein dalam kopi mereda, tekanan tidur bisa sangat parah. Satu-satunya cara yang terbukti benar untuk memperbaikinya, kata dia, adalah dengan tidur.

2. Tubuh membangun toleransi kafein

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua