JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Azyumardi Azra: Sebagai Partai Modern, Golkar Perlu Angkat Isu Seputar Pemilih Milenial

Airlangga Hartarto (kiri) dan Azyumardi Azra / istimewa / kolase: Suhamdani

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Menghadapi percaturan di 2024 mendatang, Partai Golkar disarankan untuk membawa isu yang dekat dengan kalangan pemilih muda milenial.

Pasalnya, menurut data BPS tahun 2020 saat ini pemilih muda atau pemilih pertama mendominasi angka pemilih hingga di atas 50 persen.

Demikian diungkapkan oleh Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra.

Azyumardi mengatakan hal itu dalam webinar bertajuk Dua Dasawarsa Kemenangan Golkar 2004-2024 di Jakarta,  Sabtu (16/10/2021) pagi.

Baca Juga :  Survei Terbaru: Sandiaga Nyodok ke Atas di Bawah Anies. Prabowo  Mulai Ditinggalkan?

“Golkar harus bisa meraih pemilih muda dan secara umum membawa isu menyangkut hajat hidup orang banyak. Di samping, tentunya tidak melupakan isu bangkit dari keterpurukan ekonomi,” ujar Azyumardi.

Di depan para pemilih muda, menurut Azyumardi, tentu akan  menarik jika mengangkat isu semutar mereka, misalnya, bagaimana menghadapi masa depan anak-anak muda.

Bagaimana pendidikan dibuat menjadi lebih baik, perguruan tinggi sekarang makin mahal.

Baca Juga :  Cyrus: Prabowo, Ganjar, Anies Bakal Paling Banyak Didukung untuk 2024

“Isu-isu seperti itu menurut saya bisa diangkat saat konsolidasi,” kata Ayzumardi.

Lebih lanjut, Azyumardi menyarankan partai berlambang beringin itu untuk segera mengupayakan langkah-langkah mengkonsolidasikan suara yang terpecah dengan merangkul Nasdem, Hanura hingga Gerindra kembali ke induknya.

“Harus ada langkah-langkah mengkonsolidasikan kelompok-kelompok yang splinter atau memisahkan dari induknya Golkar,” pungkasnya.

Partai Modern

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua