JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bolehkah Kader PDIP Mendeklarasikan Diri Sebagai Capres 2024, Bagaimana Sebenarnya Aturannya?

Pdip
Ketua DPC PDIP Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Belakangan muncul figur publik dari PDIP yang diposisikan sebagai calon presiden (capres) 2024. Sejumlah pihak pun mengaku memberikan dukungan kepadanya.

Lantas bagaimana aturan sesungguhnya di dalam PDIP terkait hal itu. Bolehkan kader mendeklarasikan diri sebagai capres padahal belum ada rekomendasi DPP turun?.

Terkait hal itu Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Wonogiri, Joko Sutopo, memberikan tanggapannya. Kedisiplinan terhadap regulasi internal partai menurut Joko menjadi kunci.

Pria tinggi besar yang lebih akrab dipanggil Jekek itu mengatakan, DPP PDIP telah mengeluarkan instruksi pelarangan untuk mendeklarasikan capres dan cawapres. Instruksi itu telah turun sejak Agustus 2021 lalu. Hal itulah yang menjadi pijakan DPC PDIP Wonogiri.

Baca Juga :  METI Award 2021, UPC Renewables Raih The Best Large Company for Aggressive Renewable Energy Development

Dalam instruksi itu, kata dia, ada subtansi larangan deklarasi. Organisasi telah melarang, terlebih kader partai tidak boleh mendeklarasikan siapapun. Seluruh aksi kader punya disiplin dan kepatuhan terhadap aturan internal partai.

“Kalau ada orang mendeklarasikan dan mengatasnamakan partai, kader dan organisasi itu atas dasar apa? Wong DPP saja melarang. Seharusnya ada kepatuhan terhadap instruksi internal partai” kata dia kepada wartawan di ruang transit komplek Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (18/10/2021).

Baca Juga :  Soal Guru SMPN 2 Wonogiri Positif COVID-19, Bupati Wonogiri Joko Sutopo Sebut Hanya 1 dan Masih Suspect

Joko Sutopo yang juga Bupati Wonogiri ini, mengatakan PDIP merupakan organisasi partai politik. Di dalam organisasi itu ada asas ketaatan terhadap panduan, regulasi, dan AD/ART yang harus dijalankan semua kader. Hal itu sebagai pijakan dalam melakukan fungsi kepartaian.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua