JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Khawatir dengan Bulu Mata Rontok, Ini Tips Tumbuhkan Kembali Bulu Mata Secara Alami

Ilustrasi bulu mata. Foto: pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Terkadang manusia tidak sadar bahwa tidak hanya bulu rambut yang dapat rontok, bulu mata pun ternyata bisa rontok.

Bagi sebagian orang, bulu mata yang rontok tidak menimbulkan permasalahan yang serius. Namun, jika bulu mata yang berjatuhan setiap hari kita biarkan akan menjadi sebuah permasalahan yang serius. Apalagi jika jumlahnya cukup banyak sepanjang hari.

Banyak faktor yang membuat bulu mata cepat mengalami kerontokan. Seperti stress, iritasi bulu mata palsu, trikotilomania, mengucek mata, masalah kesehatan mendasar, iritasi dari produk mata, dan yang terakhir dapat disebabkan karena kerontokan alami.

Namun, jangan khawatir karena bulu mata dapat tumbuh kembali seperti semula. Hanya saja membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dikutip dari lama Bustle, bulu mata tentunya mengalami siklus pertumbuhannya dan dibagi menjadi tiga yaitu, anagen, katagen, dan telogen.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Seperti yang dikatakan Celebrity Lash Expert and Founder of D’Lashes Dionne Phillips menjelaskan, anagen adalah fase pertumbuhan aktif antara 0,12 dan 0,14mm per hari.

Katagen merupakan sebuah masa transisi. Yang terakhir telogen adalah fase dimana rambut bulu mata tidak akan tumbuh kembali dan akan rontok.

โ€œSiklus pertumbuhan bulu mata yang rontok akan memakan waktu kurang lebih 90 hari agar bulu mata dapat tumbuh kembali,โ€ ujar Philips dilansir melalui liputan6.com, Senin (11/10/2021).

Ternyata, faktor pertumbuhan bulu mata juga disebabkan oleh kerontokan yang terjadi. Jika bulu mata tidak tercabut hingga akar atau dipotong terlalu pendek, maka pertumbuhan bulu mata memakan waktu sekitar enam minggu.

Ada beberapa cara untuk menumbuhkan bulu mata secara alami.
1. Menghindari penggunaan maskara: Jika ingin bulu mata tumbuh dengan cepat, sebaiknya jangan gunakan makeup karena memperlembat pertumbuhannya, sehingga bulu mata akan kembali tebal membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga :  Sederet Makanan Lebaran ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat

2. Konsumsi makanan yang bernutrisi: Mengkonsumsi makanan sehat dapat mempercepat pertumbuhan bulu mata. Selalu pastikan konsumsi asupan karbohidrat, protein, dan serat setiap hari ketika makan.

3. Melakukan pemijatan di kelopak mata: Lakukan pemijatan disekitar kelopak mata menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun dan pijatlah menggunakan ujung jari.

4. Mengaplikasikan VCO di kelopak mata: Vco atau virgin coconut oil dilakukan disekitar kelopak mata. Namun, pastikan tangan bersih dan gunakan cotton bud.

Cara-cara di atas adalah upaya untuk menumbuhkan bulu mata secara alami dan dapat dilakukan di rumah. Inasya Salma Nabila

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com