JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kisah-Kisah Unik Vaksinasi Door to Door di Singopadu Sragen. Awalnya Takut-Takut Lalu Joget-Joget Sampai Kakek-Kakek Diwejang Bu Bidan Gegara Tiap Hari Hobi Minum Obat

Kakek asal Desa Singopadu, Sidoharjo, Sragen saat berjoget saking senangnya setelah divaksin dosis pertama dan ternyata tidak sakit. Awalnya dia ketakutan sampai tidak mau ikut vaksin. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Vaksinasi door to door di Desa Singopadu, Kecamatan Sidoharjo, Sragen Kamis (21/10/2021) pagi menyisakan cerita unik.

Tak hanya para lansia yang kepergok memejamkan mata karena sindrom ketakutan jarum suntik, tapi ada pula yang kegirangan setelah merasakan ternyata suntikan vaksin tak seseram yang dibayangkan.

Bahkan ada kakek di salah satu RT yang sampai joget-joget asolole setelah selesai disuntik vaksin dan ternyata tidak merasakan sakit.

“Awalnya kakek itu belum vaksin. Selain sudah tua, dia memang agak takut dengan jarum suntik. Tadi mereka kita sisir, kita datangi dan dikumpulkan di rumah Pak RT. Setelah disuntik, ternyata enggak sakit, dia langsung joget-joget. Saking senangnya sudah divaksin,” papar Sekdes Singopadu, Suyatno di sela mendampingi vaksinasi jemput bola di RT 5, desa setempat, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga :  Update Terbaru Sragen, Hari Ini Nihil Tambahan Kasus Positif, Capaian Vaksin Sudah 1.143.557 Dosis

Menurutnya, langkah jemput bola dilakukan untuk memaksimalkan sasaran, terutama warga yang belum tervaksin karena berbagai kendala.

Sejak tanggal 14 oktober, tim gabungan dari petugas bidan, kader kesehatan bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas terjun menyisir warga yang tercecer belum vaksin.

“Hasilnya hari ini saja tadi ada 80 warga yang kita temukan belum vaksin. Mereka ada di 8 RT. Rata-rata karena usia lansia, sudah tidak kemana-mana, sampai alasan sakit atau barusaja sembuh positif. Tapi setelah kita berikan pemahaman dan edukasi, Alhamdulillah akhirnya mereka tergerak dan secara sukarela nau divaksin,” jelas Suyatno.

Baca Juga :  Kabar Baik, Dirut CV MSB Sugiyono Sampaikan Tagihan Rp 888 Miliar untuk 2.642 Mitra Akan Dibayar Dalam 6 Termin. Sumber Dananya dari Bisnis Ini!

Dengan program door to door menyisir per RT itu diharapkan meningkatkan cakupan vaksinasi di desanya. Sehingga jumlah warga yang tervaksin semakin meningkat.

Sejauh ini, dengan 503 warga tervaksin dosis 2 hari ini dan 80an warga tercecer akhirnya tervaksin, total cakupan vaksinasi di Singopadu sudah mencapai kisaran 80 persen.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua