JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pengamat: PDIP Larang Kader Promosikan Capres Tertentu demi Amankan Puan

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, Jakarta, Ujang Komarudin / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin menilai, PDI Perjuangan (PDIP) tengah mengamankan sosok Puan Maharani di 2024.

Lantaran elektabilitas Puan yang masih rendah itulah, menurut Ujang, pihak partai sangat reaktif terhadap kadernya yang mempromosikan kader tertentu sebagai Capres.

PDIP meminta kader bersabar menunggu titah Ketua Umum partai, Megawati Soekarnoputri.

“PDIP kelihatannya tak membuka sosok-sosok lain agar bisa maju nyapres, karena PDIP punya putri mahkota. PDIP sedang mengamankan Puan dan menjaga perasaan Megawati agar tak ada kader berjuang untuk sosok tertentu itu,” kata Ujang saat dihubungi Tempo pada Minggu (24/10/2021).

Baca Juga :  Tren Kasus Covid-19 di Eropa Melonjak, Jokowi Minta Indonesia Harus Waspada, Terutama Hadapi Nataru

Menurut Ujang, partai sengaja menahan promosi kader lain karena elektabilitas Puan Maharani masih rendah, jauh kalah dibandingkan sosok potensial lainnya seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Jadi, jika kader di bawah mempromosikan kader tertentu, itu akan mengganggu konsolidasi dan kesolidan dalam menaikkan elektabilitas figur yang sudah disiapkan oleh PDIP,” ujar Ujang.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Ekonomi Digital Jadi Kekuatan Baru Perekonomian Nasional

Padahal, lanjut Ujang, semestinya PDIP membiarkan saja dukungan kepada calon potensial PDIP bergulir.

“Jika ada sosok tertentu atau banyak sosok di internal partai yang punya kapasitas dan elektabilitas yang bagus, Itu kan akan membesarkan partai dan menguntungkan partai,” tuturnya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua