JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Target Kuasai 30 % Kursi untuk Caleg Perempuan di 2024, DPD PDIP Jateng Sebut Kendalanya Kadang Tak Seberuntung Caleg Laki-Laki

Agustina Wiludjeng Pramestuti. Foto/Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Tengah menargetkan angka keterwakilan legislator perempuan yang terpilih di Pemilu 2024 bisa mencapai 30 persen.

Guna mewujudkan target itu, DPD mulai gencar mempersiapkan pembekalan untuk menjaring kader perempuan yang potensial didorong berkiprah politik di 2024.

“Target kita di 2024, caleg perempuan dari PDIP yang jadi (terpilih) di semua kabupaten kota harus bisa memenuhi 30 %. Makanya kita lagi semangat on fire ini,” papar Bendahara DPD PDIP Jawa Tengah, Agustina Wiludjeng Pramestuti, di sela memberi materi pada pendidikan politik pembekalan kader PUAN Indonesia di Sragen, Minggu (24/10/2021).

Baca Juga :  Innalillahi, Ustadz Ponpes Daarul Qur'an yang Meninggal Kecelakaan di Tol Ternyata Mau Perjalanan ke Gondang Sragen. Ini Rencana yang Akan Dilakukan!

Anggota DPR RI perempuan dari PDIP Dapil Jateng IV itu mengungkapkan untuk mengejar target itu, DPD memang tengah gencar mempersiapkan kader perempuan di semua daerah.

Mereka dibekali dengan pendidikan politik dengan harapan bisa dijaring dalam proses Pemilu.

Menurutnya keterwakilan perempuan menjadi penting dalam politik apalagi sistem pencalegan sudah memberi satu tempat untuk perempuan dari setiap 3 nomor caleg yang dipasang.

Baca Juga :  Bakar Kandang Tetangga, 2 Pemuda Mabuk di Karangmalang Sragen Terancam 12 Tahun Penjara. Pemicunya Minta Jatah Trambul Tak Digubris

DPD Jateng berharap tak hanya sebatas pelengkap kuota, ke depan kader atau caleg perempuan juga diharapkan bisa lebih berani dan menang.

“Berani kalau dicalonkan dan harus menang. Kalau dilantik, mereka harus menjadi perempuan yang jadi bagian pengambil keputusan DPR,” urainya.

Ia tak menampik selama ini, kuota 30 persen kursi DPR untuk perempuan memang belum bisa terpenuhi. Faktor pemicunya biasanya caleg perempuan banyak yang kurang siap.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua