JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sabar Lur, Jalan Lingkar Kota alias JLK Wonogiri Belum Akan Difungsikan, Masih Nunggu Persetujuan Perhutani Imbas Ruas Jalur yang Rawan Longsor

Jalan lingkar
Kendaraan melintas di jalan lingkar kota (JLK) Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemkab Wonogiri telah melaksanakan simulasi penggunaan Jalan Lingkar Kota alias JLK Wonogiri pekan lalu. Namun demikian naga-naganya jalur pemecah kepadatan arus lalu lintas itu belum akan difungsikan penggunaanya dalam waktu dekat ini.

Pasalnya, ada sejumlah ruas jalan di JLK yang rawan terjadi tanah longsor. Di antaranya di sisi belakang atas Mapolres Wonogiri. Beberapa kali terjadi longsor tebing JLK hingga menutup badan jalan. Akibatnya jalan terpaksa ditutup.

“Mohon maaf, memang faktanya di ruas JLK itu seperti di belakang atas Mapolres itu sering longsor. Tebingnya terlalu curam bahkan kemiringannya ada yang 90 derajat,” ungkap Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek di ruang kerjanya, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga :  Ini 6 Obyek Wisata Paling Eksotis di Wonogiri, Nomor 4 Jadi Primadona

Pihaknya tak ingin ada kejadian yang tidak diinginkan ketika ada tanah longsor. Lantaran itu pihaknya memilih belum akan memfungsikan jalur itu sebelum permasalahan longsor tertangani.

“Ini demi faktor keamanan, masyarakat kami mohon bisa memahaminya,” ujar Bupati.

Sebenarnya, ujar dia, Pemkab telah lama memohon ke pemilik lahan di ruas JLK yang rawan longsor, yakni Perhutani. Pemkab memohon perluasan lahan untuk merevitalisasi dengan pemasangan bronjong atau cor beton bagian tebing dan daerah milik jalan.

Baca Juga :  Soal Guru SMPN 2 Wonogiri Positif COVID-19, Bupati Wonogiri Joko Sutopo Sebut Hanya 1 dan Masih Suspect

“Paling tidak butuh perluasan lahan sekitar 10 meter kanan kiri sepanjang jalur yang longsor itu. Tapi sampai saat ini belum ada persetujuan dari perhutani,” terang dia.

Menurut penggemar olahraga outdoor tersebut, jika persetujuan perhutani turun maka bisa langsung dikerjakan revitalisasi jalur rawan longsor itu. Anggaran bisa diambilkan dari belanja prioritas.

Untuk diketahui pemkab Wonogiri telah menggelar uji coba difungsikannya Jalan Lingkar Kota (JLK), Kamis (7/10/2021). Ada sejumlah catatan dari pelaksanaan uji coba selama sekitar tiga jam tersebut.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua