JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tidur 4 Jam Sehari Bisa Sebabkan Gangguan Kesehatan, Simak Penjelasan Berikut!

Ilustrasi bangun tidur. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Tidur yang cukup merupakan salah satu cara yang mudah untuk menjaga kesehatan. Namun tidak semua orang orang memiliki waktu tidur yang cukup, dan sebagian orang hanya memiliki waktu tidur 4 jam dalam sehari.

Hal tersebut tentu membuat berpotensi tidak baik. Jam tidur malam hari dikatakan lebih penting daripada saat siang hari. Menurut direktur medis Bupa UK Health Clinics dr. Tim Woodmandikutip dari Bustle mengatakan bahwa tubuh memperlukan jam tidur dengan baik.

“Manusia membutuhkan tidur untuk dapat berfungsi dengan baik. Jadi memberikan tubuh waktu beristirahat yang cukup lewat tidur merupakan hal yang penting dari kehidupan sehari-hari,” ujarnya dikuti melalui liputan6.com, Minggu (17/10/21).

Banyak hal yang didapatkan ketika kita tidur dengan cukup. Yang paling terlihat adalah badan akan terasa segar dan sepanjang hari akan merasakan fokus yang cukup.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Tidur malam yang cukup juga membantu Anda memperkuat respons kekebalan tubuh dan memberi Anda waktu untuk pulih ketika sedang merasa tidak enak badan,” ujar Tim.

Banyak konsekuensi yang didapatkan manusia ketika tidak menjaga tidur dengan dengan baik atau dikatakan kurang tidur.

1. Fungsi otak dan tubuh: Kurangnya tidur juga sangat berpengaruh terhadap kerja otak dan tubuh. Ketika memiliki waktu tidur yang kurang, maka di siang hari tubuh akan terasa lemas ketika menjalankan suatu kegiatan.

Anda akan berusaha lebih keras untuk tetap terbangun pada siang hari. Itu bisa mengganggu konsentrasi, perhatian, kemampuan berpikir, pengambilan tindakan yang mungkin berisiko, dan bagaimana Anda bereaksi terhadap suatu hal” jelas Tim

2. Kesehatan Mental: Tak hanya mempengaruhi fisik, kurangnya waktu tidur juga dinilai dapat mempengaruhi kestabilan mental seseorang. Hal tersebut diungkapkan oleh University of Florida bahwa kurang tidur akan sangat berdampak pada tubuh dan pikiran, termasuk kesehatan mental.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

3. Tingkat Produktivitas: Ketika seseorang hanya menjalani tidur selama 4 jam sehari tentunya segala macam kegiatan menjadi terbengkalai sehingga produktivitas kegiatannya menjadi berkurang dalam sehari.

4. Tingkatkan resiko penyakit: Kurang tidur juga dinilai dapat meningkatkan risiko terkena darah tinggi, diabetes, hingga jantung koroner. Alasan tersebut terjadi karena tujuh hingga sembilan waktu jam tidur pada malam hari saling berkaitan erat dengan fungsi dari dqlqm tubuh.

“Itu berlaku pada semua orang dewasa, tidak memandang usia. Jam istirahat penting, tidak hanya mempengaruhi otak Anda, namun juga meningkatkan risiko penyakit-penyakit tersebut,” tutup Tim.

Hal-hal di atas adalah beberapa konsekuensi yang didapatkan oleh seseorang yang hanya tidur empat jam dalam sehari. Inasya Salma Nabila

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com