JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Waspadai Pinjol Ilegal, OJK Beri Ciri-cirinya

pinjaman online
Ilustrasi pinjaman online / pexels

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperingatkan masyarakat terkait maraknya kasus pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso membeberkan ciri-ciri dari perusahaan pinjaman online ilegal.

Beberapa ciri di antaranya, penetapan suku bunga pinjaman yang terlalu tinggi, adanya fee yang besar, perlakuan dendam tidak terbatas, hingga aksi terror dan intimidasi.

Baca Juga :  Viral Perempuan Pamer Kemaluan di Bandara YIA, Ternyata S Sudah Berkali-kali Lakukan Hal Serupa

OJK juga meminta masyarakat untuk mewaspadai tawaran pinjaman online yang disalurkan melalui SMS atau chat WhatsApp. Sebab, tawaran-tawaran tersebut biasa muncul pada pinjol ilegal.

Terkait hal tersebut, Wimboh mengimbau masyarakat untuk selalu mengecek legalitas pinjaman online melalui kotak 157/WhatsApp 081157157157 sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa tersebut.

“OJK mengimbau masyarakat hanya menggunakan pinjaman online resmi terdaftar/berizin OJK serta selalu untuk cek legalitas pinjol ke Kontak 157/WhatsApp 081157157157,” kata Wimboh sebagaimana dikutip dari liputan6.com, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga :  Momen Presiden Jokowi Angkat Piala Thomas di Bali, Beri Apresiasi Setinggi-tingginya untuk Atlet-atlet Bulutangkis dan PBSI

Tidak tinggal diam, OJK akan menindak tegas perusahaan pinjol ilegal yang melakukan pelanggaran hukum seperti tindakan tidak beretika yang dilakukan oleh para penagih hutang (debt collector).

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua