JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Botok Telur Ikan ala Wonogiri, Sehat Nikmat Disantap Bareng Nasi Hangat Sambal dan Lalapan, Dijamin Nambah Terus

Botok telur ikan
Botok telur ikan Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Salah satu kuliner jenis lauk tradisional adalah botok. Cara penyajiannya cukup mudah praktis dan tanpa pemakaian minyak goreng.

Secara garis besar botok berupa parutan kelapa dicampur bumbu dan bahan isian lainnya. Kemudian dibungkus daun pisang, lantas dikukus hingga matang.

Untuk bahan isian botok sangat beragam. Ada yang memilih biji lamtoro atau mlanding, tempe, telur asin, telur puyuh, tahu, jamur, daging, dan lainnya.

Nah di Kabupaten Wonogiri bahan isian botok kadang-kadang cukup nyleneh. Pasalnya jarang dijumpai di tempat lain, jikapun ada tidak setiap saat tersedia. Misalnya ikan nila, besengek, laron, belalang, telur ikan, dan sejenisnya.

Baca Juga :  Wajib Tahu, ini Hukuman Bagi Pelaku KDRT, Ingat Kekerasan Tak Hanya Bersifat Fisik Loh

Kali ini ada botok Wonogiri yang berbahan isian berupa telur ikan. Sebagaimana diketahui kabupaten ujung tenggara Jateng tersebut mempunyai potensi perikanan berlimpah. Mengingat daerah itu memiliki segudang waduk dan telaga, sebut saja Waduk Gajah Mungkur, Waduk Tandon, Waduk Nawangan, Waduk Jarak, Waduk Dunguling, Waduk Songputri, dan seabrek telaga.

Baca Juga :  Pasca Kasus Penyelundupan Sabu dalam Sate Lontong Begini Langkah yang Diambil Lapas Kelas II B Wonogiri

Untuk cara membuat botok telur ikan termasuk cara memasaknya sama persis seperti membikin botok pada lazimnya. Yang membedakan adalah bahan isian berupa telur ikan.

Telur ikan yang dipilih adalah dari jenis nila. Ikan ini banyak dibudidayakan di Waduk Gajah Mungkur. Setelah telur ikan dibersihkan lantas dicampur bumbu dan bahan lainnya. Kalau ingin pedas tinggal menambah dengan cabai.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua