JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Cara Mencari Luweng Menurut Bupati Wonogiri Joko Sutopo Ternyata Pakai Bola, Jekek Pernah Melakukannya Tahun Lalu, Hasilnya?

Jalan terendam akibat banjir dari tersumbatnya luweng di Kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Genangan banjir akibat luweng atau banjir luweng kerap terjadi di sejumlah daerah di Wonogiri selatan. Salah satu antisipasinya adalah mencari keberadaan mulut luweng.

Banjir luweng itu terjadi lantaran mulut luweng tersumbat. Bisa juga karena mulut maupun salurannya menghilang.

Jika sudah begini, akibatnya limpahan air tidak bisa mengalir ke saluran luweng. Padahal luweng menjadi semacam drainase alami di daerah karst Wonogiri.

Sehingga ketika saluran tersumbat atau hilang, akibatnya bisa ditebak. Air akan menggenang di pekarangan, areal persawahan, bahkan sampai ke pemukiman.

Nah, sebagai langkah antisipasi dilakukan pencarian luweng. Ini sebagaimana dilakukan relawan, warga, dan pemerintah setempat di Kecamatan Pracimantoro.

Baca Juga :  Nasi Gandul di Wonogiri, Rasanya Nggandul Antara Gulai Tongseng Soto dan Rawon, ini Buktinya

Soal banjir luweng ini Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengatakan pihaknya pernah melakukan pencarian titik luweng di sekitar genangan banjir di tahun lalu. Cara mencari luweng adalah dengan mengapungkan bola di genangan.

“Kita apungkan bolanya nanti ditunggu mengalirnya kemana. Tapi titik sentralnya (mulut luweng) juga tidak ketemu. Problem ini nggak hanya setahun dua tahun. Coba tanya sesepuh yang ada di sana juga tidak bisa menunjukkan,” ujar Bupati usai sarasehan siaga bencana di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (18/11/2021).

Menurut bupati, jika sudah diketahui mulut luweng maka bisa dilakukan tindakan agar mulut luweng bisa berfungsi dan diantisipasi supaya tidak tersumbat dengan memasang penghalang sampah. Namun, yang paling sulit adalah mendeteksi lokasi mulut luweng yang tersumbat atau tertimbun tanah.

Baca Juga :  Bocoran Materi Uji Krida Saka Wira Kartika Raden Mas Said-Raden Ayu Kusuma Patah Ati Wonogiri, Terapkan 22 Syarat Kecakapan Khusus

Beruntung, upaya pencarian mulut luweng di Kecamatan Pracimantoro juga sudah menghasilkan hasil di tahun ini. Sejumlah mulut luweng yang sempat tertimbun akhirnya bisa ditemukan relawan. Namun masih ada beberapa mulut luweng yang masih dicari.

Pihaknya baru-baru ini juga melakukan komunikasi dengan Badan Geologi. Menurut dia, Badan Geologi juga siap membantu mendeteksi lokasi luweng dengan menggunakan alat khusus.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua