JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Ekskavasi Situs Watugenuk, Boyolali Berakhir, BPCB Titipkan 6 Batu Candi di Rumah Warga

Ini beberapa batu candi hasil dari ekskavasi di situs Watugenuk yang kemudiann dititipkan di rumah warga / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Eksvakasi terhadap peninggalan candi di situs Watugenuk, Boyolali sudah berakhir pada Senin (8/11/2021).

Usai itu, tim Balai Penelitian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah menitipkan enam buah batu berukir di rumah Sriyono, warga Dukuh Pisah, Rt 4 Rw 10, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo.

Batu tersebut ditemukan saat tim melakukan eksvakasi atau penggalian tahap kedua di situs Watugenuk, Kragilan.

Baca Juga :  ASN Pemkab Boyolali Terima Penghargaan KPK

Hasil dari ekskavasi tersebut, tim berhasil menemukan tiga candi perwara melengkapi candi induk yang ditemukan sebelumnya tahun 2016 lalu. Selain ketiga candi perwara temuan, tim BPCB juga enam buah batu berukir.

Keenam batu candi tersebut kemudian dititipkan di rumah Sriyono, warga Dukuh Pisah, Rt 4 Rw 10, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo. Enam batu yang diamankan yakni, lingga, dua batu pipi tangga pintu masuk berukir naga, dan tiga batu ukir untuk pagar.

Baca Juga :  Ini Daftar Lengkap 4 Tempat Wisata Terpopuler di Boyolali yang Cocok untuk Liburan. Dari Gunung, Umbul hingga Replika Air Terjun Niagara yang Jadi Primadona!

“Benar, keenam batu itu dititipkandi rumah saya,” ujar Sriyono pada Rabu (10/11/2021).

Diungkapkan, situs Watugenuk sudah dikenal masyarakat cukup lama. Warga sekitar mengetahui ada sejumlah batu yang salah satunya adalah Patung Lembu Andini. Kemudian pada 2012-2014 ada tiga rohaniawan Hindu sembahyang di situs Watugenuk.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua