JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Ganjar Beri Tugas Baru kepada “Jogo Tonggo”, Alih Peran Demi Percepatan Vaksinasi Lansia

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Istimewa

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kini memberikan amanah baru kepada pemegang peran Jogo Tonggo. Fokus mereka dialihkan untuk membantu percepatan vaksinasi Covid-19 bagi lanjut usia (lansia).

Dalam Rakor Covid-19 di ruang rapat Gubernuran, Ganjar mengintruksikan peralihan tersebut dinilai lebih efektif untuk situasi saat ini.

“Karena soal makanan, soal kesehatan alhamdulillah relatif terkendali, sehingga mereka ya tidak terlalu sibuk lagi, dan bisa kita alihkan menggerakkan atau mencari tetangga yang sepuh, yang belum disuntik atau belum divaksin,” papar Ganjar dilansir dari laman jatengprov.go.id pada Selasa (16/11/2021)

Baca Juga :  Diyakini Mampu Selesaikan Masalah, Tol Semarang-Demak Seksi II Ditargetkan Rampung di Hari Sumpah Pemuda 2022

Ganjar menekankan 10 kabupaten/ kota yang cakupan vaksin lansianya masih di bawah 50 persen. Di antaranya yakni Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan, Jepara, Pemalang, Purbalingga, Pati, Batang, Banjarnegara, Blora, dan Kudus. Oleh sebab itu, Ganjar menginstruksikan agar wilayah tersebut lebih diperhatikan.

“Saya hanya mengejar 50 persen dari target yang belum tercapai. Dan data yang kita miliki tinggal Banjarnegara. Pemalang kemungkinan hari ini datanya masuk, dan Tegal tadi saya cek sudah 50 persen lebih. Sukses, mudah-mudahan dua hari ini sudah bisa 50 persen. Namun, masih ada tadi sekitar 10 kabupaten/kota yang belum 50 persen untuk lansia. Jadi, mereka harus mengejar untuk lansia,” tuturnya.

Baca Juga :  Gandeng Djarum Foundation, 1.000 Dosis Vaksin Disuntikkan di Semarang

Berdampingan dengan hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo menerangkan, vaksinasi terutama bagi lansia sangat memengaruhi penetapan level PPKM. Cakupan vaksinasi dinilai secara keseluruhan, termasuk lansia.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua