JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ingin Turunkan Berat Badan, Tak Perlu Diet Ketat dan Memforsir Tubuh

Ilustrasi / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Menurunkan berat badan merupakan upaya yang gampang-gampang susah. Selain itu juga butuh kesabaran dan konsistensi yang tinggi.

Ada orang yang rela melakukan diet ketat hingga berolah raga berat hingga memforsir tenaga. Padahal, kegiatan yang ekstrem tersebut justru bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

Yang ideal, proses penurunan berat badan memang membutuhkan waktu lama. Karena itu, menurunkan berat badan yang drastis secara tiba-tiba dapat menyebabkan bahaya bagi tubuh dan kesehatan.

Dalam seminggu, penurunan berat badan yang ideal berkisar antara 400 gram hingga 1 kg. Penurunan berat badan lebih dari 1 kg per minggu dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Diet kalori bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan. Rencana diet perlu dirancang dengan tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing, juga pastikan tidak ada kekurangan apapun dalam tubuh.

Berikut beberapa tips yang perlu diingat, termasuk tidur nyenyak dan mengurangi beban stres, terlibat aktivitas fisik, makan makanan sehat, tetap terhidrasi, jalan-jalan jauh karena bisa membuat Anda memasukkan lebih banyak jadwal aktivitas, tetapkan tujuan pada kondisi kesehatan, perhatikan porsi makan ketika sedang menyantap makanan favorit.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Selain itu, ada larangan juga dalam menurunkan berat badan, termasuk jangan hanya fokus pada penurunan berat badan karena akan menyebabkan kehilangan otot dan memperlambat metabolisme.

Hindari rokok, alkohol, minuman berkafein, dan terlalu banyak berpuasa.

Jangan melewatkan waktu makan atau ketika berpuasa, berbuka dengan cukup. Hindari makan malam terlalu dini. Jangan memakan makanan siap saji, tetaplah makan makanan jenis kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com