JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Inovatif! Bukan Mobil, Ambulans di Banjarmasin Ini Beroperasi di Air, Jangkau Penduduk di Tepi Sungai

Ambulans sungai yang dicanangkan Pemerintah Kota Banjarmasin/ Foto: Republika

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tingkat kesediaan sarana dan prasarana (sarpras) memang harus merata bagi masyarakat di seluruh penjuru Indonesia. Pemerintah daerah tentu berperan penting demi kesetaraan sarpras yang dapat dimanfaatkan warga di mana pun mereka berada.

Salah satunya yakni upaya yang dicanangkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ambulans sungai diperkenalkan dan segera dioperasikan untuk melayani penduduk tepian sungai di kota tersebut.

Baca Juga :  Menko Airlangga Berharap Kadin Perkuat Perannya dalam Mensukseskan Presidensi G20 Indonesia

Inovasi ini berusaha menjangkau warga di tepi sungai-sungai Banjarmasin yang terkadang mengalami kesulitan. Pasalnya, akses mobil ambulans selama ini berjalan kurang efektif dan maksimal.

Kepala Dinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengungkapkan, ambulans sungai dari kapal speed ini telah melalui pengujian fungsi. Ia menyebutkan sarana ini siap dioperasikan.

Baca Juga :  SMRC: Airlangga Berperan Dongkrak Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Presiden Jokowi

“Pada saat perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tanggal 12 November 2021 ini, ambulans sungai ini akan diresmikan Pak Wali Kota,” tutur Machli dilansir dari republika.co.id, Sabtu (13/11/2021)

Machli menyampaikan ambulans sungai berfungsi dengan baik. Rencananya, fasilitas terobosan ini digunakan sebagai sarana ke Rumah Sakit Sultan Suriansyah milik pemerintah kota.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua