JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Jadi Sorotan, 2 Tambang Galian C Ilegal di Gondang Sragen Diminta Ditutup. Ketua Komisi III: Jangan Sampai Jatuh Korban!

Ketua Komisi III DPRD Sragen, Sugiyarto saat memimpin sidak di lokasi tambang galian C di Desa Wonorejo, Kedawung, Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komisi III DPRD Sragen menyoroti banyaknya aktivitas penambangan galian C yang tidak berizin di wilayah Sragen.

Dinas dan pihak terkait pun diminta segera bertindak melakukan penertiban dan penutupan bagi galian C yang belum mengantongi izin.

Ketua Komisi III, Sugiyarto mengatakan data yang diterimanya, hanya ada 6 titik penambangan galian C yang sejauh ini sudah berizin. Sisanya ada belasan titik yang ditengarai nekat beroperasi tanpa izin.

Baca Juga :  Juragan Anjing Asal Sragen Digerebek Kapolres AKBP Wahyu. Ditangkap Saat Bawa Puluhan Anjing Liar untuk Diperdagangkan

Termasuk dua lokasi galian C di wilayah Kecamatan Gondang yang belakangan menjadi sorotan.

Dua titik itu berada di dekat Bumi Perkemahan Desa Tegalrejo, Gondang dan galian C di Dukuh Tempel, Desa Srimulyo, Kecamatan Gondang.

“Di lapangan banyak yang ilegal dan nekat beroperasi. Saya mohon kepada dinas terkait untuk menertibkan baik Satpol PP, DLH, DPPUR segera berkoordinasi dan berani menindak tegas. Kalau memang belum berizin ya dihentikan atau ditutup dulu, ngurus izin. Karena kalau tidak berizin akan merusak lingkungan dan merugikan daerah,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (25/11/2021).

Baca Juga :  Galian C Ilegal di Sragen Merajalela, Komisi III DPRD Desak DLH dan DPUPR Berani Tegas. Penambangan di Kedawung Langsung Ditutup Sebelum Disidak

Ia meminta ada ketegasan terhadap operasional galian C. Apalagi temuan di lapangan, banyak penambang yang mengeruk secara asal tanpa memperhatikan teknis penambangan.

Dari hasil tinjauannya, banyak pengerukan yang tegak lurus sehingga sangat membahayakan keselamatan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua