JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Jelang Ketok Palu UMK, Ganjar Persilahkan Buruh Beri Masukan

Ganjar Pranowo saat menemui Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (FKSPN), di Kantor Gubernur, Kamis (25/11/2021). Foto: Pemprov Jateng

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebelum mengetok palu keputusan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), Ganjar Pranowo memberi kesempatan empat hari kepada perwakilan buruh agar memberi saran dan masukan. Ganjar menemui perwakilan buruh yang tergabung dalam Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (FKSPN), di Kantor Gubernur, Kamis (25/11/2021).

Gubernur Jawa Tengah itu mempersilakan mereka berunding bersama untuk menentukan struktur skala upah sebelum Selasa (30/11/2021) mendatang.

“Kita punya waktu empat hari mulai hari ini, besok Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin, karena Selasa kami putuskan UMK. Kabupaten/kota sudah saya mintai masukannya semua. Hari ini teman KSPN saya minta untuk memberikan feedback. Empat hari ini apa yang kemudian kita bisa tuliskan, formulasikan, sehingga istilah kawan-kawan buatlah terobosan. Ya terobosan saya struktur skala upah,” jelas Ganjar dilansir dari laman jatengprov.go.id.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Hari Ini Rabu, 24 November 2021: Magelang dan Pekalongan Hujan Lebat, Solo Raya Hujan Ringan!

Bagi Ganjar, konsensus yang dibangun bersama para buruh harus menjadi titik temu. Aspirasi buruh sangat diperlukan. Mereka memahami bagaimana PP Nomor 36 Tahun 2021 mengunci dengan formulasi yang jelas, sehingga Gubernur tidak memiliki kewenangan dalam menentukan upah minimum.

Baca Juga :  Sah! Upah Minimum Provinsi (UMP) Jateng 2022 Naik 0,78 Persen

“Ya sudah sekarang dibuat. Formula ini yang saya minta siapkan oleh kawan-kawan yang bekerja bareng-bareng. Biar tidak menunggu waktu. Kalau tidak bisa hari ini, ya kita minta empat hari ini untuk bisa menyampaikan,” imbuhnya.

Para buruh juga memberikan apresiasi terkait ketentuan tambahan struktur skala upah. Namun perlu diingat, mereka masih memiliki tuntutan detail struktur skala upah tersebut.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua