JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Siap-siap, BLT DD Wonogiri Sampai Desember Sudah Masuk Rekening Desa, Diberikan ke Warga Maksimal Tanggal 20

BLT dd
Penyaluran BLT DD di Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Bantuan Langsung Tunai Dana Desa alias BLT DD Wonogiri untuk 2021 ini dipastikan aman. Bahkan dana untuk penyaluran Desember sudah masuk ke rekening desa.

Selanjutnya tinggal kebijakan desa masing-masing. Pihak desa tinggal menyalurkannya ke para penerima.

Hanya saja Pemkab Wonogiri memberikan batasan penyaluran hingga tanggal 20. Sedangkan keperluan administrasi dibatasi sampai tanggal 25.

Namun demikian sampai saat ini belum diperoleh kepastian soal kelanjutan BLT DD untuk tahun depan. Pemkab Wonogiri masih menunggu keputusan resmi dari pusat.

Baca Juga :  31 Rumah Terendam Dampak Banjir Tirtomoyo dan Betal Wonogiri, Ketinggian Air Capai Setengah Meter

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri, Antonius Purnama Adi, menjelaskan, bantuan senilai Rp 300 ribu bersumber dari dana desa. Dipastikan tahun ini akan disalurkan kepada masyarakat hingga bulan Desember.

“Per tanggal 5 Oktober kemarin, dana desa sudah tersalurkan 100 persen. Termasuk untuk BLT bulan Desember saja sudah masuk ke rekening desa,” kata Anton, Selasa (9/11/2021).

Anton menuturkan, dana desa sudah 100 persen disalurkan dan telah mengendap di rekening masing-masing desa. Untuk penyaluran kepada penerima, kata dia, tinggal kebijakan masing-masing desa. Pihaknya tinggal menerima laporan dari desa.

Baca Juga :  Update Guru SMPN Wonogiri Meninggal Positif COVID-19, Bagaimana Hasil Tes 240 Guru dan Murid, Adakah yang Tertular?

Sementara itu, di bulan-bulan kemarin, saat desa mengajukan dana BLT untuk bulan berikutnya harus dilampirkan bukti-bukti penyaluran di bulan berjalan. Dinas membatasi untuk penyaluran BLT maksimal di tanggal 20 di setiap bulannya. Sementara untuk urusan administrasi dibatasi sampai tanggal 25.

“Kalau masyarakatnya sudah terbiasa mendapatkan bantuan di tanggal 15 mestinya diberikan di tanggal itu. Kalau tidak bisa-bisa diprotes itu, karena uangnya sudah di rekening desa,” imbuh Anton.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua