JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jangan Terkecoh, Banjir Keringat Saat Olah Raga Belum Tentu Kalori Terbakar, Lho!

Ilustrasi olahraga. Foto: pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Banyak orang beranggapan, olah raga keras, sampai banjir keringat adalah olah raga yang berhasil membakar kalori dalam tubuh.

Ternyata anggapan tersebut belum tentu benar. Justru, banyak berkeringan menunjukkan seseorang memaksakan diri.

Dan keringat yang bercucuran itu, apakah bukti kalori telah terbakar? Ini penjelasannya.

Pertama, Anda perlu mengetahui tujuan berkeringat. Tubuh Anda berkeringat bukan untuk membakar kalori tetapi untuk melindungi Anda dari kepanasan.

“Berkeringat adalah cara Anda mendinginkan tubuh selama berolahraga atau stres panas lainnya,” Thad E. Wilson, PhD, seorang profesor di departemen fisiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Kentucky, mengatakan kepada Health.

Baca Juga :  Sebelum Mengkonsumsi Vitamin D,  Ketahui Aturan Penggunaan dan Efek Sampingnya

Mungkin sulit dipercaya—terutama ketika Anda sedang melakukan latihan HIIT—tetapi olahraga itu sendiri tidak merangsang keringat, kata Wilson.

Sebaliknya, olahraga memicu peningkatan suhu internal, yang pada akhirnya memberi tahu tubuh Anda bahwa sudah waktunya berkeringat untuk mendinginkan diri.

Pada dasarnya, berkeringat sendiri tidak mempengaruhi berapa banyak kalori yang Anda bakar. Benar, dibutuhkan energi untuk secara fisik mengangkut ion yang memungkinkan air bergerak ke kelenjar untuk disekresikan sebagai keringat, kata Wilson, tetapi tidak banyak. Dengan kata lain, sejumlah energi dibutuhkan dalam proses berkeringat, tetapi tidak cukup untuk membuat perbedaan besar dalam perasaan atau berat badan Anda.

Baca Juga :  Ini 4 Gejala Umum Penderita Covid-19 Varian Omicron

Keringat hanyalah indikasi bahwa tubuh Anda kehilangan air, bukan lemak tubuh, kata spesialis olahraga Gabbi Berkow, pelatih pribadi bersertifikat yang memiliki gelar MA dalam fisiologi olahraga, kepada Health.

Aktivitas fisik pada umumnya membakar kalori. Semakin intens Anda menggunakan kelompok otot besar, semakin banyak kalori yang akan digunakan tubuh Anda — dan semakin banyak panas (dan keringat) yang dihasilkan tubuh Anda, kata Wilson.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua