JOGLOSEMARNEWS.COM KOLOM

MANTU DAN PANGAN

Khafid Sirotudin. Foto:dok

 

Oleh : Khafid Sirotudin*

Dalam kehidupan sosial masyarakat Jawa, ada sebuah hajatan yang memiliki makna  khusus. Yaitu saat seseorang menikah atau ketika orang tua menikahkan anaknya. Hari Kamis Pahing, 2 Desember 2021 kami diminta Sobirin, temen dan sahabat sejak SMP untuk ikut mengantarkan calon pengantin, putra ke-2-nya yang akan menikah. Tepatnya di Kelurahan Genuksari, Kecamatan Genuk, Semarang.

Jam 07.00 WIB ‘iring-iringan’ rombongan calon pengantin putra berangkat dari  Dusun Lebo, Desa Bumiayu, Weleri, Kendal, Jateng. Beruntung ada jalan tol Trans Jawa, sehingga kami bisa tiba lebih cepat. Masuk pintu tol Weleri KM 384 dan keluar melalui exit tol Gayamsari/Masjid Agung Jawa Tengah. Hanya sejam kami serombongan dari Weleri sudah sampai rumah keluarga besan.

Baca Juga :  Saling Puji Anies dan Nidji di JIS

 

Mantu

 

Masyarakat Jawa menggambarkan keluarga yang  mempunyai hajatan menikahkan anak dengan istilah ‘mantu’. Maknanya ‘sik dieman-eman metu’ (sesuatu yang disimpan lama dikeluarkan). Anak perempuan yang dipelihara, dididik, disayangi sejak kecil ‘diserahkan’ kepada lelaki yang menikahi.

Simpanan, tabungan dan harta benda yang lama disimpan dikeluarkan dan dibelanjakan untuk memeriahkan pernikahan putra- putrinya. Semua buah-buahan yang paling baik di kebun dipetik, bahan makanan dari beras dan ketan disajikan.

Baca Juga :  Mengapa Hari Pers 9 Februari

Untuk memilih hari dan tanggal pelaksanaan akad nikah biasanya disesuaikan dengan hari, waktu dan tanggal baik sesuai kalender Jawa. Kalender masehi berbeda dengan kalender Jawa atau penanggalan Hijriyah. Jika sistem perhitungan hijriyah dan kalender Jawa mengacu pada peredaran bulan mengitari bumi, penanggalan masehi berpatokan pada peredaran bumi mengitari matahari.

Kalender Jawa adalah perpaduan kalender Saka dan Hijriyah. Penanggalan pada kalender Jawa ini awalnya dibuat oleh Sultan Agung berdasarkan lunar atau sistem bulan seperti sistem kalender hijriyah.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua