JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Siap-Siap, Vaksinasi untuk Anak 6-12 Tahun di Sragen Dimulai Minggu Depan. Vaksinnya Pakai Coronavac, Targetnya 92.640 Siswa

Kenzo, bocah siswa SDN 1 Sragen yang bikin bupati sampai terngiang-ngiang karena ulahnya yang ketakutan ketika disuntik imunisasi. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Satgas Penanganan Covid-19 Sragen menyatakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-12 tahun sudah bisa dimulai awal pekan depan.

Sebanyak 92.640 anak menjadi target sasaran untuk mendapatkan suntikan vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Hargiyanto mengatakan vaksinasi untuk anak usia 6-12 tahun ditargetkan sudah bisa dilakukan paling lambat Senin (20/12/2021) pekan depan.

Teknis vaksinasinya nanti digelar melalui sekolahan karena sasarannya adalah anak sekolah semua. Vaksinasi untuk anak itu nantinya akan menggunakan vaksin CoronaVac produksi Sinovac.

Baca Juga :  Harga Gas LPG 3 Kg di Sragen Naik Ugal Ugalan Per Tabung Tembus Rp 30000 Warga: Sudah Terjadi 1 Minggu Sebelum Lebaran Idul Fitri

Saat ini, stok Sinovac untuk menyasar anak-anak sudah tersedia. Vaksinasi dipastikan bisa dilakukan karena sudah memenuhi jarak amannya dengan program imunisasi yang baru selesai dilakukan beberapa waktu lalu.

“Kami juga akan melibatkan orang tua dengan bantuan lintas sektor, antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sragen dan TNI/Polri. Sekolah bertugas meminta izin kepada orang tua siswa,” terangnya.

Hargiyanto menguraikan tidak ada perbedaan terkait petunjuk teknis yang akan diatur, meliputi ketentuan penapisan kondisi kesehatan anak untuk vaksinasi.

Termasuk penanganan efek samping pasca vaksinasi, cara pemberian, serta pelaksanaan vaksinasi pada anak maupun dewasa.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

“Nanti ada tambahan proses yakni izin kepada orang tua,” imbuhnya.

Ditambahkan, sejauh ini kasus Covid-19 pada kalangan anak-anak di Sragen dinilai masih relatif kecil.

Pun selama pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, juga nyaris tidak ada temuan kasus positif dari seribuan sampel yang sudah dicek secara random.

“Untuk capaian vaksinasi sampai saat ini, vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 78 % dan dosis kedua 73 %. Sedangkan cakupan vaksin bagi lansia 73 %,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com