JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SMPN 8 Surakarta Wujudkan Karakter Siswa Peduli Lingkungan

   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan pada para siswa, untuk membentuk generasi penerus yang berakhlak mulia, jujur, berani dan cinta lingkungan.

Hal itu ditandaskan oleh Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd saat memberikan sambutan dalam peringatan HUT  ke-22 Dharma Wanita Persatuan (DWP), Jumat (17/12/2021).

“Jadi jangan sampai generasi penerus itu mempunyai sifat minder (tidak percaya diri). Generasi muda harus punya sifat pemberani, dilambari dengan akhlak yang baik,” ujar Triad, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Ia mengatakan, bahwa pendidikan karakter harus ditanamkan oleh para guru ke peserta didik, mencakup hubunganny dengan Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan alam dan kehidupannya di sebuah negara.

Baca Juga :  Keren, Hari Pertama Masuk Sekolah Usai Libur Lebaran 2024 Langsung Gelar PSN

“Dan itu harus teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa terwujud sebuah kehidupan yang teratur,” paparnya.

Triad menyampaikan, nilai karakter peduli lingkungan akan berpengaruh pada pembentukan rasa tanggung jawab pribadi, khususnya terhadap lingkungan sekolah.

Baca Juga :  Keren, Hari Pertama Masuk Sekolah Usai Libur Lebaran 2024 Langsung Gelar PSN

Karena itu, salah satu upaya dari sekolah terhadap lingkungan adalah bagaimana seluruh civitas sekolah sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Berkat penerapan pendidikan karakter dan cinta lingkungan itulah, SMP Negeri 8 Surakarta telah berhasil menjadi sekolah Adiwiyata Nasional dan kini dalam proses menuju Adiwiyata Mandiri. Suhamdani

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com