JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wajib Tahu, Sistem Merit Pemkab Wonogiri Berpredikat Baik, Endingnya Raih Penghargaan Anugerah Meritokrasi

Sistem merit
Plt Kepala BKD Wonogiri, Suharno (tengah) menerima penghargaan Anugerah Meritokrasi. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tinggal menghitung hari 2021 bakal berakhir. Namun demikian Pemkab Wonogiri masih saja menunjukkan kualitasnya.

Ini terbukti dengan diraihnya penghargaan baru-baru ini, yakni memperoleh predikat baik dalam penilaian sistem meritokrasi. Penghargaan tersebut diserahkan dalam acara Anugerah Meritokrasi di Hotel Westin Surabaya, Selasa (7/12/2021).

Untuk diketahui dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN), sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Sebagai penjabaran agenda Prioritas RPJMN 2020-2024, penerapan sistem merit ditetapkan sebagai satu dari tiga program prioritas bidang aparatur dalam RKP 2020. Meliputi peningkatan akuntabilitas kinerja, pengawasan, dan reformasi birokrasi; selanjutnya peningkatan inovasi dan kualitas pelayanan publik. Terakhir penguatan implementasi manajemen ASN berbasis merit.

Baca Juga :  Umrah Sudah Boleh, Lantas Kapan Ibadah Haji ke Tanah Suci Dibuka?

Penyerahan Anugerah Meritokrasi dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin secara virtual. Inspektur Utama BNN, Wahyono mewakili Kepala BNN menerima secara langsung penghargaan yang diserahkan oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Prof. Agus Pramusinto dan Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto.

Penyerahan penghargaan dilakukan secara luring kepada 24 instansi yang nilai sistem meritnya berhasil naik ke kategori sangat baik. Juga 68 instansi yang untuk pertama kalinya berhasil mencapai nilai sistem merit dengan kategori baik di tahun 2021.

Selain itu untuk penyerahan penghargaan melalui daring diberikan kepada 5 instansi yang berhasil mempertahankan nilai sistem merit dengan kategori sangat baik. Lantas 22 instansi yang nilai sistem meritnya tetap bertahan dalam kategori baik di tahun 2021.

Baca Juga :  Cara Menghadapi Varian Omicron ala Pemkab Wonogiri, Tidak Diduga Ternyata ini Kuncinya

Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto, mengungkapkan bahwa acara ini merupakan bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah yang sebagaimana telah ditetapkan. KASN memberikan Anugerah Meritokrasi dan Penyerahan Hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN Kepada Instansi Pemerintah Kategori Sangat Baik dan Baik.

“Acara ini merupakan wujud apresiasi tinggi terhadap Instansi Pemerintah yang telah berhasil menerapkan sistem merit. Selain itu, untuk mendorong konsistensi penerapan sistem merit agar terus terjaga serta yang paling penting adalah mampu memotivasi lebih banyak Instansi untuk berkomitmen pernah menerapkan sistem merit dengan lebih baik,” ungkap dia.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua