JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Madu Hitam, Rendah Air, Tinggi Antioksidan, Pahit Rasa dan Beragam Khasiatnya

Ilustrasi sarang lebah. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Madu, sejak ribuan tahun lalu telah dikonsumsi oleh manusia untuk menjaga kesehatan. Madu memiliki rasa dan warna yang berbeda-beda tergantung nektar bunga yang dihisap oleh lebah, kesemuanya memiliki beragam khasiat.

Ada jenis madu hitam yang dihasilkan dari lebah yang mengisap nektar dari bunga mahoni (Swietenia mahagoni). Senyawa alkaloid dari mahoni membuat warna madu menjadi gelap, rasanya pun agak pahit.

Baca Juga :  Pernah Mengalami Ketindihan Saat Tidur? Begini Penjelasan Sains tentang Sleep Paralysis

Warna madu dipengaruhi kandungan mineral, seperti dikutip dari Science. Para peneliti menilai, madu yang makin gelap warnanya mengandung sedikit air, banyak antioksidan. Itu jika dibandingkan madu yang warnanya lebih cerah, seperti dikutip dari Journal of Apicultural Research.

Madu hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga cenderung digunakan untuk obat tradisional. Tak hanya alkaloid, madu hitam juga mengandung antioksidan, saponin dan flavonoid.

Baca Juga :  Kaya Vitamin, Buah Nangka Bisa Dikonsumsi dengan Beragam Cara

Kandungan itu bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh, mempercepat penyembuhan luka akibat infeksi bakteri Staphylococcus Aureus. Madu hitam juga baik untuk pasien diabetes karena rendah kandungan glukosa.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua