JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

PT KAI Daops VI Kampanyekan Budaya Keselamatan

Ilustrasi rel kereta api. pexels.com
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM PT KAI Daops VI mengkampanyekan budaya keselamatan dalam operasional kereta api. Pasalnya, budaya keselamatan menjadi hal pokok yang terus disosialisasikan dan diinternalisasi agar dilaksanakan pekerja KAI di semua lini sehingga akan membentuk sistem yang berlandaskan tindakan yang mengutamakan keselamatan.

Manajer Humas KAI Daop 6, Supriyanto, mengatakan, kampanye keselamatan di internal KAI terus digaungkan untuk menjadi perhatian semua pegawai KAI di semua lini.

“Selain yel-yel keselamatan, ada 5 Budaya Keselamtan yang harus dilaksanakan para pekerja yaitu, Patuhi Prosedur Kerja, Briefing Sebelum Bekerja, Gunakan Alat Pelindung Diri, Peduli Lingkungan Kerja, dan Lapor Potensi Bahaya, Tentu tujuan akhirnya dari semua itu adalah adalah zero accident dalam semua lini operasional kereta api baik itu perjalanan KA maupun pelayanannya. Alhamdulillah, pada tahun 2021, Daop 6 merupakan Daop yang zero accident,” ungkapnya, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga :  Pecah! Penumpang KRL Solo-Yogya Overload Selama Libur Lebaran, KCI Imbau Prioritaskan Tempat Duduk untuk Penumpang Gendong Anak

Supriyanto menambahkan jika secara sistem, semua aspek perjalanan KA mengutamakan keselamatan mulai dari proses awal hingga akhir dan terus dipantau secara berkelanjutan. Ia mencontohkan, sebelum kereta pertama melintas, ada petugas khusus yaitu Petugas Pemeriksa Jalan (PPJ) yang akan memeriksa jalan kereta api dari satu stasiun ke stasiun lainnya untuk memastikan bahwa jalan kereta api yang akan dilalui kondisinya aman. Kemudian, setelah kereta beroperasi, komunikasi dan pemantauan terus dilaksanakan melalui Pusat Kendali. Termasuk juga seluruh awak KA yang akan mengoperasikan perjalanan KA, wajib dalam kondisi sehat lahir dan mental.

“Secara operasional, ada 46 perjalanan kereta api penumpang Jarak Jauh di Daop 6 yang terdiri dari 16 KA Jarak Jauh keberangkatan Daop 6 dan 30 KA Jarak Jauh yang melintas di Daop 6. Selain itu ada juga 22 perjalanan KRL, 8 perjalanan KA Prameks, dan 20 perjalanan KA Bandara YIA,” jelas Supriyanto.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

Selain aspek keselamatan operasional, keselamatan aspek pelayanan di masa pendemi pun menjadi fokus KAI Daop 6. Supriyanto kembali menekankan bahwa persyaratan penumpang KA di masa pandemi selalu berdasar pada aturan yang dikeluarkan Pemerintah, demi keamanan dan kesehatan Bersama. Dalam hal ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil mempertahankan perolehan Safe Guard Label SIBV untuk kedua kalinya.

Safe Guard Label SIBV adalah penilaian/audit atas penerapan protokol pencegahan dan penanganan Covid-19 yang memenuhi kriteria kesehatan, keselamatan, dan kebersihan yang layak pada suatu lokasi. Standar ini mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Kantor Pusat BV, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com