JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sosok Wowok Prakoso, Miliarder Muda asal Sukodono Sragen yang Bikin Tercengang Dunia. Dari Modal Rp 2 Juta, Kini Punya Puluhan Karyawan, Bisa Beli Mobil Mewah dan Rumah (Bag 2)

Pengusaha muda yang sukses di bisnis online Wow Fashion, Wowok Prakoso (27) asal Bendo Sukodono, Sragen saat berpose di samping mobilnya. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kesuksesan Wowok Prakoso (27), pengusaha bisnis fashion online asal Bendo, Sukodono, Sragen memang diraih dengan perjuangan yang tak mudah.

Lajang alumni SMPN 1 Sukodono itu menuturkan kali pertama mengawali bisnis online hanya mengandalkan modal Rp 2 juta.

Uang itu diperoleh dengan membongkar tabungannya hasil kerja sebagai kurir di perusahaan ekspedisi online JNE di Solo selama beberapa tahun.

“Awalnya modal saya hanya Rp 2 juta. Saya pakai untuk jadi reseller. Menjualkan produk orang lewat market place online. Ternyata kok lama lama ramai dan banyak yang berminat. Akhirnya lama kelamaan saya mencoba untuk memproduksi sendiri fashion perempuan. Ada hijab, jeans, baju dan lain-lain tapi khusus fashion wanita,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (24/1/2022).

Berkat ketekunannya, rintisan produknya lambat laun mulai dikenal. Mengusung branding Wow Fashion, produk-produk fashionnya mulai jadi primadona kaum hawa.

Tak hanya sekadar menarik di tampilan online, kualitas produk fashionnya diakui menjadi kunci utama yang membuat produknya makin diburu pelanggan.

Baca Juga :  Polres Sragen Tangkap Pelaku Pencurian Mobil Nisan Grand Livina, Tersangka Sempat Menjual Hasil Curian Seharga Rp 30 Juta Rupiah

“Saya branding produknya lewat medsos dan semua lini online. Yang utama bagi saya adalah kualitas produk. Jadi kalau jualan online kualitas gambar itu penting tapi kualitas produk lebih utama. Sehingga produk-produk Wow Fashion Alhamdulilah makin ke sini makin banyak diminati,” jelasnya.

Selama 4 tahun berjalan, Wowok mengaku omzetnya makin meningkat. Saat ini omzet hariannya sudah mencapai ratusan juta dan jika ditotal omzet satu bulan sudah menyentuh angka Rp 3,5 miliar sampai Rp 4 miliar.

Rekrut Puluhan Karyawan dan Mitra 

Setiap hari, orderan dari pelanggan yang masuk mencapai 1.000 pieces atau potong. Seiring melesatnya usahanya, Wowok juga merekrut tim dan karyawan untuk membantu usahanya.

Total ada puluhan karyawan yang selama ini setia membantu bisnisnya. Ada yang bertugas sebagai admin, mengurusi gudang, checker paketan berjumlah sekitar 15 karyawan.

Pengusaha muda asal Bendo, Sukodono, Wowok Prakoso saat memberi motivasi di acara HUT ke-54 SMPN 1 Sukodono, Rabu (19/1/2022). Foto/Wardoyo

Lantas ada pula tim kreatif freelance yang berjumlah sekitar 8 sampai 10 orang. Jumlah itu belum termasuk mitra UMKM rumahan yang digandeng untuk membantu produksi fashionnya sekitar 4 orang.

Baca Juga :  Hujan Deras Disertai Angin Pohon Raksasa di Jalan Raya Gabugan - Sidoharjo dan di Desa Bonagung Tumbang Menimpa Rumah Warga

“Ya senang bisa membantu memberi pekerjaan,” jelasnya.

Dari buah kerja kerasnya hampir 4 tahun, Wowok mengaku kini sudah bisa menuai hasilnya. Sebuah mobil mewah, rumah dan aset investasi tanah, sudah berhasil ia beli dari jerih payahnya tersebut.

Meski sudah sukses, ia tak segan untuk berbagi tips berbisnis online. Kepada pelaku bisnis online pemula, ia berpesan untuk tidak mudah menyerah, konsisten dan fokus dalam menekuni usaha.

“Menurut saya, kuncinya ya konsisten jualan, inovasi dan fokus. Itu saja. Karena di era digital ini semua kemudahan disediakan lewat akses internet. Kita dimudahkan untuk belajar mencari cuan. Jadi pandai-pandai memanfaatkan kesempatan dan peluang saja,” pungkasnya.

Meski sudah sukses dan menjadi miliarder,  ternyata tak merubah pribadinya sebagai sosok yang sederhana. Wowok bahkan kerap tampil sederhana dan biasa. Termasuk saat hadir diundang memberikan motivasi kepada adik-adik kelasnya di acara HUT ke-54 SMPN 1 Sukodono, beberapa hari lalu. (Wardoyo/Habis)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com