JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei WRC: Elektabilitas Airlangga Tertinggi, Posisi Golkar di Puncak

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, saat Konferensi Pers Ratas Evaluasi PPKM, Senin (3/1/2022). Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seiring dengan Partai Golkar yang berada di puncak, Airlangga Hartarto pun memiliki elektabilitas paling tinggi sebagai Capres 2024.
Posisi Airlangga Hartarto tersebut tetap berada di puncak peringkat baik ketika dipersaingkan dengan Ketua Parpol maupun tokoh non Ketua Parpol.

Demikian setidaknya yang terekam melalui survei yang digelar oleh , Warna Research Center (WRC) tentang perubaan persepsi dan perilaku memilih masyarakat Indonesia.

Direktur Eksekutive WRC, Rinjani Dwi SE, MSi seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews menjelaskan, survei tersebut digelar seiring dengan memanasnya atmosfir politik Indonesia belakangan ini.

Baca Juga :  Airlangga: Koalisi Indonesia Bersatu Siap Lanjutkan Pembangunan Era Jokowi

Dijelasan, dari 2.435 responden, ketika dilakukan simulasi nama-nama Ketum Parpol dengan pertanyaan jika Pilpres digelar hari ini, maka Airlangga Hartarto memiliki elektabilitas tertinggi.

“Artinya, nilai kemungkinan keterpilihan Airlangga paling tinggi dan dianggap sebagai representasi sosok presiden mendatang, dengan mengantongi 24,3%,” paparnya.

Sementara di bawahnya ada nama Prabowo Subianto 22,5%, Agus Harimurti Yudhoyono 8,3%, Zulkifli Hasan 7,4%, Surya Paloh 6,5%, Megawati Soekarno Putri 6,5%, Muhaimin Iskandar 4,7%.

Baca Juga :  Usut Kasus Migor, Jaksa Agung Mengaku Punya "Bekingan" Lebih Kuat Ketimbang Mafia Migor

Untuk Ahmad Syaikhu hanya mendapatkan 5,9% suara saja, Suharso Monoarfa 5,3% dan yang tidak memilih 8,6%.

Ketika dipersilangkan dengan tokoh-tokoh non ketua umum Parpol, termasuk nama-nama yang sudah lebih dulu populer, ternyata nama Airlangga masih mampu bertengger di urutan teratas dengan mengantongi 17,9%.
Capaian itu bahkan jauh melampaui Prabowo Subianto yang hanya memperoleh 14,1% suara responden.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua