JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

6 Manfaat Vitamin D Selain untuk Imunitas Tubuh

Pasien OTG berjemur di halaman belakang Asrama Haji Donohudan /Foto: Waskita
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Vitamin D dikenal atau populer untuk meningkatkan kesehatan tulang dan sistem imunitas. Hal itu terbutki saat Covid-19 merebak banyak orang berjemur di pagi hari.

Bukan yang hanya untuk imunitas, ternyata vitamin D juga memiliki khasiat lain yang jarang diungkapkan.

Reseptor vitamin D ditemukan di hampir setiap sel dalam tubuh, artinya vitamin sinar matahari ini berperan besar dalam kesehatan dalam banyak sistem fisiologis. Berikut adalah enam khasiat lain vitamin D yang penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

1. Meningkatkan kekuatan dan fungsi otot

Jika ingin secara holistik mendukung sistem muskuloskeletal saat berolahraga atau aktivitas sehari-hari, ini saatnya mencukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga massa otot yang sehat sepanjang masa hidup dan mendukung bentuk dan fungsi otot rangka.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

2. Mendukung aktivitas antioksidan dan umur panjang

Sebuah penelitian Cureus baru-baru ini menunjukkan bahwa D juga berperan dalam aktivitas antioksidan. Bukti dari penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin D yang cukup lebih mungkin memiliki keseimbangan antioksidan yang sehat, sementara mereka yang kekurangan lebih mungkin mengalami stres oksidatif.

3. Mendukung kesuburan dan kesehatan reproduksi

Vitamin D terlibat dalam fungsi ereksi dan motilitas sperma hingga pembuahan dan kehamilan (untuk ibu dan bayi). Bidang penelitian yang sedang berkembang ini menunjukkan bahwa baik wanita maupun pria dapat memperoleh manfaat dari dukungan reproduksi yang dapat diberikan oleh suplementasi vitamin D.

4. Menjaga kesehatan mulut dan keutuhan gigi

Ternyata vitamin D berperan besar dalam kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Ini tidak terlalu mengejutkan mengingat perannya dalam integritas tulang dan fungsi kekebalan. Vitamin esensial ini berperan dalam menjaga enamel gigi yang kuat, mendukung respons kekebalan mulut, dan meningkatkan kesehatan gusi.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

5. Mempromosikan usus yang sehat

Probiotik berkualitas tinggi masih menjadi asupan utama untuk menyehatkan saluran pencernaan, tapi ternyata vitamin D juga berperan dalam diversifikasi mikrobioma usus. Namun, perlu dicatat bahwa selain vitamin D membantu kesehatan pencernaan, usus yang sehat juga penting untuk penyerapan vitamin D yang tepat. Jadi, pastikan memenuhi semua kebutuhan dasar untuk hasil yang optimal.

6. Mendukung fungsi kognitif

Reseptor vitamin D terletak di seluruh sistem saraf, menunjukkan vitamin D berperan penting dalam mendukung fungsi sistem saraf dan kesehatan otak. Penelitian mengungkapkan bahwa kecukupan vitamin D meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan, perkembangan otak, dan bahkan keseimbangan suasana hati.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com