JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mengenal Durian Pogog dari Desa Tengger Kecamatan Puhpelem Wonogiri, Dagingnya Tebal Tapi Bijinya Kecil, Harga Dihitung Perkilo

Durian Pogog
Durian Pogog dari Desa Tengger Kecamatan Puhpelem Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM –Saat ini di sejumlah daerah penghasil buah durian tengah memasuki masa panen, tidak terkecuali di Kabupaten Wonogiri.

Berbicara mengenai durian di kabupaten ujung tenggara Jateng ini, selain jenis lokal ada lagi jenis lain yang menjadi primadona.

Durian kebanggaan Wonogiri tersebut adalah durian Pogog. Dinamakan demikian lantaran banyak dibudidayakan di Dusun Pogog Desa Tengger Kecamatan Puhpelem Wonogiri.

Durian Pogog memiliki daging buah super tebal, namun bijinya sangat kecil. Selain itu buahnya tidak terlalu berair dengan warna kuning cerah.

Baca Juga :  Resep Opor Ayam Gurih, Hidangan Istimewa untuk Lebaran 2024

Durian Pogog dijual perkilogram. Artinya satu buah utuh ditimbang terlebih dahulu sebelum dijual, setelah diketahui beratnya bari dikalikan dengan harga perkilogramnnya.

Saat ini harga perkilogram durian Pogog sekitar Rp50 ribu.

Hebatnya lagi, sebiji alias satu pongge durian Pogog bobotnya bisa mencapai 7,5 kilogram. Pembeli bisa makan di tempat atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Musim durian kali tidak sebanyak panen raya tahun lalu, sebab, banyak buah buah kecil yang rontok akibat curah hujan tinggi.

Ketua Kelompok Tani Unggul Jati, Dusun Pogog, Rimo, beberapa waktu lalu menjelaskan, meski banyak buah kecil yang dulunya rontok, namun petani setempat masih bisa menikmati panen raya durian Pogog.

Baca Juga :  SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Gelar Sosialisasi Anti Bullying

“Pohon durian yang usianya sekitar 10-11 tahun rata-rata menghasilkan 25 butir durian musim ini. Tanaman paling besar bisa menghasilkan 40 butir durian,” beber dia.

Dia mengatakan, bobot rata-rata Durian Pogog berkisar 4, 5 kilogram per butir, hal itu disengaja dibuat tidak terlalu besar ukuran maupun bobotnya, dengan harapan rasanya lebih mantap.

“Untuk harga Durian Pogog dihitung perkilogram. Setiap satu kilogram dipatok tarif Rp50 ribu,” sebut dia. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com