JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Warga 25 Kabupaten/Kota di Jateng Diminta Waspada Mulai Hari Ini hingga 3 Hari ke Depan, Termasuk Sragen. Berpotensi Terjadi Bencana!

Banjir bandang melanda sejumlah wilayah di Sragen. Foto/Istimewa
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masyarakat di 25 kabupaten/kota di Jawa Tengah diminta waspada mulai hari ini hingga tiga hari ke depan.

Pasalnya berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, dalam tiga hari ke depan berpotensi terjadi cuaca ekstrim dan berpeluang terjadi bencana hidrometeorologi.

Potensi itu terungkap dari rilis peringatan dini cuaca ekstrim yang dirilis BMKG Jawa Tengah, Selasa (1/3/2022).

Dalam rilis yang dilansir oleh Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno tersebut, disampaikan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di perairan selatan Pulau Jawa dalam tiga hari ke depan mulai hari ini.

Hal itu menyebabkan adanya belokan angin di wilayah Jawa Tengah, serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Disebutkan Madden Julian Oscillation (MJO) berada pada Kuadran 4 (Indian Ocean) yang menunjukkan kontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia signifikan.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan *INTENSITAS SEDANG- LEBAT* yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 01 – 03 Maret 2022.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

Potensi bencana itu di antaranya berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.

Kewaspadaan diharapkan bisa dikedepankan terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Potensi cuaca ekstrim dan bencana hidrometeorologi itu dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

*Tanggal 01 Maret 2022*

*Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara,* Wonosobo, Sukoharjo, Karanganyar, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan, Pemalang, Batang, Kab. Tegal, Brebes, Kudus, Kab. Semarang, Salatiga, Temanggung, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Sragen, Blora, Pati, Rembang, Jepara, Demak, Karimun Jawa dan sekitarnya.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

*Tanggal 02 Maret 2022*

*Cilacap, Kebumen,* Purworejo, *Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara,* Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Blora, Rembang, Jepara, Demak, Pati, Kab. Semarang, Salatiga, Temanggung, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan, Pemalang, Kab. Tegal, Brebes, dan sekitarnya.

*Tanggal 03 Maret 2022*

*Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara,* Wonosobo, Kab./Kota Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Kab. Semarang, Salatiga, Temanggung, Kendal, Batang, Kab. Pekalongan, Pemalang, Kab. Tegal, Brebes, dan sekitarnya.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dengan wilayah yang lebih terperinci, dapat mengakses:
1.Website https://www.bmkg.go.id;
2.Website http://cuacajateng.com/prakiraan/#jawa, untuk prakiraan cuaca hingga level Kecamatan;
3.Akun media sosial @cuacajateng;
4.Aplikasi iOS dan android “Info BMKG”;
5.Call center 196 BMKG;
6.atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (Wardoyo)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com