JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Sehari Gunung Semeru 10 Kali Erupsi, Warga Diimbau Menjauh 13 Km dari Puncak

Ilustrasi gunung Semeru / republika
   

LUMAJANG, JOGLOSEMARNEWS COMGunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi sebanyak 10 kali dalam sehari, pada Selasa (8/3/2022).

Menurut catatan petugas Pemantauan Gunung Api Semeru, Liswanto, erupsi di Gunung Semeru tersebut umemiliki amplitudo 11 sampai 24 meter, dan berlangsung sekitar 55 hingga 75 detik.

“Saat ini tingkat aktivitas Gunung Semeru berada pada level tiga atau siaga,” kata Liswanto dalam laporannya, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga :  Dua Hari Menghilang, Ternyata Pria Warga Wonosobo Ini Meninggal di Toilet Rumah Makan

Dengan adanya kejadian tersebut, warga pun diminta untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer  dari puncak (pusar erupsi).

Di samping itu, masyarakat tidak diperbolehkan melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan.

Baca Juga :  Kabur Usai Tusuk Saudara Hingga Tewas, Pria Mabuk Asal Cimahi Ini Dibekuk Polisi Saat Sembunyi di Bedeng Pos Ronda

Pasalnya, kawasan tersebut berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Liswanto menambahkan, masyarakat juga diimbau agar tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah. Hal tersebut dikarenakan area pada jarak ini rawan terhadap bahaya lontaran batu. Selvia Safitri

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com