JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Gara-gara Main Petasan, Rumah, Kontrakan, Warteg dan Warung Kelontong Ludes Terbakar

aksi bakar sampah sembarangan jadi pemicu kasus kebakaran
Ilustrasi kebakaran. BPBD DIY aksi bakar sampah sembarangan jadi pemicu 97 kasus kebakaran | Pixabay
   

TANGERANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Satu rumah, tiga kontrakan, sebuah warteg dan warung kelontong di Tangerang Selatan (Tangsel) ludes terbakar pada Sabtu (16/4/2022) malam.

Kebakaran hebat itu dipicu ulah anak-anak yang main petasan di dekat warung bensin eceran.  Diduga percikan api mercon menjilat bensin, hingga mengakibatkan terjadinya kebakaran.

“Yang terbakar itu warung kelontong madura, warteg Tangerang, tiga kontrakan dan 1 rumah,” ujar Gunawan, Danton Tim Alpha Damkar Kota Tangsel.

Peristiwa nahas itu terjadi pada pukul 20.12 WIB, dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang mendapatkan laporan daatang 10 menit kemudian.

“Laporan dari warga karena petasan, nyebur ke pom bensin mini,” katanya.

Meski menimbulkan kebakaran hebat, Gunawan mengaku tidak ada korban ataupun korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, kerugian yang ditaksir bisa Rp 600 juta sampai Rp 700 juta.

Baca Juga :  Mobil Berkecepatan Tinggi Hilang Kendali dan Menggasak 3 Pedagang dan Satu Warga di Tangerang, 1 Tewas

“Api tadi berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.20 Wib, tapi petugas masih melakukan upaya pendinginan agar tidak muncul titik api baru. Malam ini kami terjunkan 7 unit mobil Damkar dengan 43 personil,” katanya.

Sebelumnya kejadian kebakaran akibat petasan juga terjadi di Jakarta. Petasan yang dimainkan anak-anak menyebabkan setidaknya 15 kios dan enam rumah toko di Cakung, Jakarta Timur, terbakar pada Rabu (6/4/2022).

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur menduga, ada kios yang terkena percikan api petasan, sebelum kemudian api menjalar.

“Akibat petasan yang dimainkan oleh anak-anak dan jatuh di sekitar kios sehingga menimbulkan kebakaran,” ujar Kepala Seksi Operasi Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman, Rabu (6/4/2022) malam WIB, seperti dilansir Antara.

Baca Juga :  Mobil Berkecepatan Tinggi Hilang Kendali dan Menggasak 3 Pedagang dan Satu Warga di Tangerang, 1 Tewas

Gatot menerangkan, petugas pemadam kebakaran memperoleh laporan dari masyarakat sekitar pukul 21.14 WIB, terkait kejadian kebakaran kios di Cakung tersebut.

Pemadam kebakaran dari Gulkarmat Jakarta Timur mengirim 10 unit mobil, dibantu dua unit mobil damkar dari Gulkarmat Jakarta Utara. Kemudian dikerahkan menuju kios tersebut yang berada di Pasar Kayu Tinggi di Jalan Kayu Tinggi RT006/RW03, Cakung Timur.

Selain itu, sebanyak 60 orang personal Damkar dikerahkan untuk memadamkan api melalap kios, yang biasanya buka pagi hingga pukul 10.00 WIB itu. #liputan6

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com