JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Perbedaan dan Keunggulan BBM Pertamax Serta Pertamax Turbo yang Perlu Diketahui!

Sales Supervisor Pertamina area Soloraya, Fuad Hilmi (dua dari kanan) bersama owner Pertashop Tanggan, Fatchurrahman (kanan) saat launching Pertashop plus pelumas di Tanggan, Gesi, Sragen, Selasa (22/9/2021). Foto/Wardoyo
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pertamina kembali membuat kebijakan menaikkan harga BBM. Kali ini, Pertamax menjadi sasarannya.

Harga BBM jenis itu naik menjadi Rp 12.500 perliter. Meski sering dipakai, barangkali banyak konsumen yang belum mengetahui apa itu Pertamax dan keunggulannya dibanding BBM lain.

Ada dua jenis Pertamax yakni Pertamax atau Pertamax 92 dan Pertamax Turbo.
Unit Manager Communication, Relations, CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah, Anna Yudhisatusi menjelaskan, Pertamina membagi dua jenis BBM. Adapun gasoline kendaraan mesin bensin dan gasoil untuk diesel.

โ€œProduk jenis gasoline hadir dengan payung merek Pertamax Series. Sementara untuk produk gasoil hadir dengan payung merek Dex Series,โ€ katanya dikutip dari situs web Pertamina.

Anna menguraikan dua merek BBM itu sama-sama kualitas terbaik. Adapun dalam Pertamax series, terdapat dua jenis bahan bakar, yaitu Pertamax 92 dan Pertamax Turbo.

Berikut Perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo:

1. Pertamax 92

Mengutip Pertamina Fuels, Pertamax merupakan BBM yang mengandung Research Octan Number (RON) 92. Semakin tinggi angka minimal oktan, proses pembakaran menjadi lebih mudah dan tak meninggalkan residu. Selain untuk mendapat kinerja mesin yang terbaik, BBM jenis Pertamax juga ramah lingkungan.

Pertamax RON 92 juga dilengkapi formula Pertamina Technology yang berguna membersihkan endapan kotoran di mesin. Itu sebabnya, mesin kendaraan akan awet, terhindar karat, dan efisien bahan bakar.

2. Pertamax Turbo
Perbedaan mendasar Pertamax dengan Pertamax Turbo adalah kadar RON. Pertamax Turbo memiliki angka RON 98, lebih tinggi dibandingkan Pertamax biasa.

Perbedaan lainnya, Pertamax Turbo dilengkapi dengan Ignition Boost Formula (IBF). Formula itu berfungsi meningkatkan laju perubahan mempercepat (akselerasi) dan kecepatan optimal.

Pertamax Turbo berguna untuk meredam masalah ketukan (knocking). Banyak kendaraan biasa mengalami masalah itu, mengeluarkan suara kasar.

Pertamax Turbo juga memiliki Ecosave. Formula itu berfungsi melindungi dan membersihkan bagian dalam mesin mobil juga memperkecil kemungkinan adanya endapan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com