JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

9 Budaya Indonesia Pernah Diklaim Malaysia, Bupati Juliyatmono Dorong Budaya Lokal Dikelola Biar Tak Punah!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta agar potensi budaya lokal terus dikembangkan dan dikelola dengan baik.

Hal itu dimaksudkan untuk melestarikan kebudayaan lokal agar tak punah. Selain itu, juga untuk menghindari klaim dari negara lain yang sempat menimpa beberapa kesenian asli Indonesia seperti reog dan lainnya beberapa waktu lalu.

“Kalau kebudayaan kita harus dihargai dan harus dipelihara. Di-manage dengan baik sehingga tidak akan punah. Gelar budaya malam ini juga bagus untuk melestarikan budaya lokal,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM ditemui di sela menghadiri halal bihalal dan gelar budaya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gondang, Sragen, Jumat (13/5/2022) malam.

Baca Juga :  Puluhan Sapi Positif Terjangkit PMK, Bupati Sragen Wajibkan Ternak dari Luar Harus Punya Surat Ini!

Bupati Yuli menguraikan budaya adalah cara ekspresi yang terus berkembang.
Menurutnya budaya akan tumbuh seiring dengan kreasi yang berkembang.

Ia juga mendorong potensi budaya lokal agar ditumbuhkan. Pasalnya kebudayaan adalah bagian dari pemberdayaan ekonomi kreatif.

“Ekonomi kreatif itu harus berjalan sesuai pasar. Pasarnya seperti apa lha itu yang harus diikuti oleh kreativitas dan yang tak kalah penting adalah kualitas,” tandas politisi yang disebut bakal maju ke Pileg DPR RI 2024 dari Dapil Sragen, Karanganyar, Wonogiri itu.

Baca Juga :  Nama Juliyatmono Dielu-elukan Ratusan Massa Partai Golkar Karanganyar, Siap Loloskan Menuju DPR-RI
Penampilan para penari dari salah satu sanggar dalam acara Halal Bihalal dan Gelar Budaya di Desa Tegalrejo Gondang yang diprakarsai HRS Entertainment di Buper Samdono Rejo Tegalrejo, Jumat (13/5/2022) malam. Foto/Wardoyo

Pernyataan itu dilontarkan menyikapi adanya klaim dari negara lain terhadap kesenian khas Indonesia. Seperti reog Ponorogo, batik hingga wayang kulit yang pernah diklaim oleh negeri Jiran, Malaysia.

Dari catatan JOGLOSEMARNEWS.COM , ada 9 kesenian dan warisan budaya asli Indonesia yang pernah dicokot klaim oleh Malaysia.

1. Kesenian pertama yang diklaim Malaysia adalah Batik.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua