JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Awas! Menyusui Sambil Main Gadget Bisa Merusak Ikatan Jiwa Ibu-Anak

Suasana seminar parenting yang berlangsung di pendapa rumah dinas Bupati Karanganyar, / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Disadari atau tidak, penggunaan gadget atau handphone saat ibu menyusui anak Balita, bisa berdampak pada rusaknya ikatan jiwa anak dengan sang ibu.

Pasalnya, secara psikologi si bayi butuh perhatian dan sentuhan kasih sayang saat disusui.

Karena itu, sebelum terlambat hal itu perlu diantisipasi lebih dini. Perlu dilakukan sosialisasi massif, karena menyusui adalah sebuah proses membentuk pertumbuhan mental anak.

“Mental yang baik dibentuk sedari bayi, ini yang akan menentukan karakter anak kelak,” ujar dr Bima Suryantara, Sp.OG(K) dalam seminar parenting yang digelar Bebimart Baby Shop.

Seminar tersebut berlangsung di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Minggu (22/5/2022) atas kerja sama dengan Rumah Sakit Hermina, Solo.

Selain dr Bima dari RS Hermina Surakarta, hadir menjadi pembicara dalam acara itu, Bupati Karanganyar Drs Juliyatmono MM dan beserta bidan Siskana Dewi Rosita, SST, M.Kes CPHCT, seorang konselor laktasi, dosen STIKES Mitra Husada Karanganyar.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Masa menyusui sangat vital membentuk mental anak sehingga hindari berkegiatan yang mengganggu seperti pegang gadget dan mengoperasionalkan,” lanjut dr Bima.

Menurut dia, kedekatan ibu dan anak dimulai sejak masa kehamilan dengan memberikan nutrisi yang tepat untuk ibu dan janin karena nutrisi yang tepat akan mendorong kecerdasan anak baik secara fisik maupun emosional.

“Bonding atau ikatan jiwa ibu dan anak itu adalah utama dalam rangka membentuk anak menuju pertumbuhan maka harap diperhatikan,” tandas dr Bima Suryantara.

Adapun Bupati Juliyatmono yang membuka sessi pertama seminar tersebut menegaskan pentingnya membangun keterikatan emosional antara orang tua dengan anak sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang berkualitas, cerdas dan tertib.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Sebenarnya selain tidak pas pegang gadget pada saat menyusui juga merugi karena bonding anak dan ibu menurun dan lama-kelamaan berpotensi membentuk karakter kurang baik pada si anak,” ungkap Bupati.

Sedangkan bidan Siskana Dewi Rosita menegaskan, meski zaman milenial, namun kaum ibu diharapkan konsisten saat menyusui dengan  tidak memegang gadget karena menyebabkan fokus kasih sayangnya pada sibayi menurun.

“Usahakan sebisa mungkin saat menyusui curahkan semua kasih sayang pada sibayi dan jangan pegang gadget,” tandasnya.

Sementara itu Direktur Bebimart Baby Shop, Andika Harya Pratama mengatakan, acara tersebut merupakan salah satu wujud komitmen besar Bebimart untuk mendorong edukasi terkait dunia balita di Indonesia.

“Bebimart merasa ikut memiliki peran  memberdayakan Ibu untuk mengawal pertumbuhan dan perkembangan anak,” pungkasnya. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com