JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Kerahkan Personel Pantau Ternak, Kapolres Sukoharjo Imbau Masyarakat Tak Panik

Tim Polres Sukoharjo saat mengecek hewan ternak untuk mengantisipasi wabah PMK. Foto/Wardoyo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polres Sukoharjo mengerahkan jajaran untuk terus melaksanakan pengawasan terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan kambing dan sapi.

Hal tersebut sebagai upaya antisipasi terjadinya penyebaran penyakit tersebut.
Kali ini, dengan didampingi petugas dari Dinas Pertanian dan Perikanan, Polres Sukoharjo melaksanakan pengecekan di peternakan kambing dan peternakan sapi di Kecamatan Baki, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga :  Menpora Mengaku Puas Lihat Edutorium UMS Layak untuk Venue Bulu Tangkis ASEAN Para Games 2022

Dalam kegiatannya, selain melakukan pengecekan tehadap hewan ternak, Polres Sukoharjo juga memberikan imbauan dan penyuluhan terhadap peternak untuk selalu memantau kondisi hewan ternaknya.

Kasat Binmas Polres Sukoharjo AKP Retna Wiyarti, mewakili Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan bahwa ciri-ciri hewan yang terindikasi PMK yaitu, gejala fisik pada sapi dan kambing memiliki ciri-ciri khusus pada mulut baik itu di bibir, lidah dan rongga mulut terdapat luka-luka dan mengeluarkan air liur yang berlebihan.

Baca Juga :  Kisah Viral Petani di Sukoharjo Kena Tilang Saat Pulang Takziah Lewat Jalan Persawahan. Benarkah Kamera ETLE Sudah Merambah Persawahan?

Selain luka di mulut juga terdapat luka-luka di bagian kaki sapi dan kambing, sehingga sapi dan kambing yang tidak kuat maka akan berbaring.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua