JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

70,2 Juta Orang Dewasa di Indonesia Merokok, Perokok Pria Terbanyak di Dunia

Ilustrasi merokok. Foto/Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Jumlah perokok laki-laki di Indonesia ternyata yang terbanyak di Dunia. Hal itu terungkap dari hasil survei survei Global Adult Tobacco Survey (GATS) 2021 yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru-baru ini.

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Maria Endang Sumiwi menjelaskan, survei GATS 2021 untuk melihat seberapa banyak perokok Indonesia.

“Ternyata perokok Indonesia terbesar ketiga di dunia setelah India dan Cina. Kemudian perokok laki-laki Indonesia adalah yang terbanyak di dunia,” kata Maria di konferensi virtual, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga :  Ferdy Sambo Sebut Bunuh Brigadir J Demi Menjaga Marwah Keluarganya. Drama Lagi?

Maria menyebutkan sekitar 70,2 juta orang dewasa atau 34,5 persen ternyata merokok. Sementara perokok pria Indonesia mencapai 65,5 persen. Artinya, dia melanjutkan, sekitar tiga di antara lima pria Indonesia adalah perokok. “Ini banyak sekali,” ucapnya.

Sementara itu, Kemenkes juga mencatat 33,3 persen adalah perokok perempuan, baik lewat tembakau tanpa asap atau produk tembakau yang dipanaskan. Kemudian, dia menambahkan, GATS juga mengungkap perokok anak-anak Indonesia usia antara 10 sampai 18 tahun juga naik dari 7,2 persen selama 2013 menjadi 9,1 persen di 2018.

Baca Juga :  Buntut Santri Tewas Berkelahi, Kemenag Bakal Awasi Seluruh Ponpes di Tangerang

Dengan tingginya jumlah orang dewasa merokok dan banyak anak-anak merokok, Maria mengakui beban kesehatan Indonesia tinggi. Sebab, dia melanjutkan, rokok menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker, gangguan kardiovaskular, termasuk stroke, jantung, paru-paru.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com