JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

BPBD Imbau Wisatawan di Pantai Selatan Hati-hati. Gelombang Tinggi Capai 6 Meter

Ilustrasi gelombang tinggi. Foto: pexels.com
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Para wisatawan di pantai selatan perlu waspada terhadap gelombang  tinggi hingga 6 meter dalam dua hari belakangan ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) BMKG meminta kewaspadaan gelombang tinggi pada Jumat (24/6/2022) pukul 14.00 WIB sampai dengan Minggu (26/6/2022) pukul 14.00 WIB.

Diperkirakan, area perairan dengan gelombang sangat tinggi sekitar 4-6 meter terjadi di perairan selatan Jawa hingga Bali-Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat daya ke barat dengan kecepatan angin berkisar 6-25 knot.

Sedangkan, di wilayah Indonesia bagian selatan, dominan bergerak dari timur ke tenggara dengan kecepatan angin berkisar 10-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Kepulauan Mentawai, Perairan barat Lampung juga Perairan selatan Jawa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Biwara Yuswantana membenarkan, sesuai dengan prakiraan BMKG, gelombang tinggi masih bisa terjadi di perairan laut DIY.

“Info ini sudah kami sampaikan melalui berbagai platform media sebagai bentuk peringatan dini kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat yang ingin berkunjung ke area wisata di dekat perairan laut DIY, harus waspada,” kata Biwara kepada Tribun Jogja, Sabtu (25/6/2022).

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com