JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Dikawal Puluhan Polisi, 9 Rumah Dinas Polri di Semarang Akhirnya Dieksekusi. Penghuni Orang Sipil Diminta Angkat Kaki

Proses eksekusi rumah dinas Polri di Semarang. Foto/Wardoyo

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pengadilan Negeri (PN) Semarang akhirnya mengeksekusi sembilan rumah dinas Polri di Erlangga Tengah II dan Erlangga Tengah IV, Kota Semarang Rabu (29/6/2022).

Proses eksekusi dilakukan PN Semarang setelah pada tingkat kasasi Mahkamah Agung gugatan Polda Jateng atas kepemilikan sejumlah bangunan tersebut dikabulkan dan berstatus inkrah.

Proses eksekusi dilakukan setelah empat tahun Polda berjuang melalui jalur hukum atas kepemilikan asetnya tersebut yang selama ini ditempati warga umum.

Pada proses eksekusi, tim dari PN Semarang mengawalinya dengan membacakan amar putusan, kemudian petugas gabungan memasuki satu per satu dan mengecek kondisi rumah.

Baca Juga :  Pamit Kuliah Bawa Mobil, Mahasiswi Anak Pak Kades Hilang Misterius. Ditemukan 2 Bulan Kemudian

Usai pengecekan, petugas memasang spanduk besar bahwa Sembilan rumah itu resmi milik Polda Jateng.

Kepala Bidang Hukum (Kabidkum) Polda Jateng, Kombes Pol Imran Amir mengatakan pengadilan negeri Semarang meminta bantuan Polda Jateng untuk mendukung pengamanan proses eksekusi tersebut.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya menerjunkan 80 personil kepolisian.

“Yang eksekusi ini dari PN Semarang. Kita bertugas mengamankan. Ada 80 personil yang mengamankan, terdiri dari Polda Jateng dan Polrestabes Semarang,” paparnya.

Disinggung mengenai adanya kondisi sejumlah bangunan yang telah rusak, Kombes Imran mengaku hal tersebut dapat disebabkan sejumlah faktor.

Baca Juga :  Kebakaran Rumah di Permukiman Padat Penduduk Kota Salatiga, Kerugian Ratusan Juta

Baik faktor usia bangunan maupun faktor lainnya.

“Polda selaku pemilik aset yang sah tidak mempermasalahkan kondisi tersebut dan tidak ada konsekuensi hukum atas kerusakan yang terjadi. Itu tidak kita permasalahkan. Hal yang terpenting bahwa aset ini milik Polri dan sudah ada keputusan hukum. Misal ada cat tembok yang mengelupas, nanti kita perbaiki,” jelas Kabidkum.

Proses perbaikan bangunan, kata dia, akan ditangani Biro Logistik Polda Jateng.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com