JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Sejumlah Kandungan yang Terdapat dalam Buah Sawo

ilustrasi buah sawo / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Melihat dari kenampakan luarnya, buah sawo mungkin kurang menarik, tidak seperti buah-buahan pada umumnya.

Namun, siapa sang Sawo yang buahnya berwarna cokelat dengan tekstur buah yang lembek, mempunya banyak manfaata.

 

  1. Mengandung Banyak Nutrisi

Selain memiliki rasa yang manis, buah sawo juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Dilansir dari laman Proactive Health Lab, satu cangkir jus buah sawo mengandung nutrisi sebagai berikut :

2. Kalsium 51 mg

Selain berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Studi tebaru mengonfirmasi bahwa asupain kalsium yang tinggi terkait dengan penurunan risiko kanker kolorektal pada pria maupun wanita. Mempertahankan kadar kalsium yang tepat dalam tubuh juga dapat mengurangi risiko kanker payudara.

3. Serat 12,8 g

Serat dapat membantu mengatasi kelebihan gas, sembelit, kembung, dan kram perut. Kandungan ini bahkan dapat membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

4. Magnesium 29 mg

Magnesium dapat membantu mengatur tekanan darah serta mengandung sifat antioksidan. Penelitian yang dilakukan pada pasien depresi juga menunjukan bahwa konsumsi 125-300 mg magnesium setiap kali makan dan sebelum tidur dapat membantu pemulihan.

5. Fosfor 29 mg

Fosfor merupakan mineral esensial yang menjadi faktor kunci dalam mencegah obesitas. Sebuah penelitian di Lebanon menunjukkan bahwa pemberian suplemen fosfor secara rutin selama 12 minggu dapat menurunkan berat badan, Indeks Massa Tubuh (BMI), lingkar pinggang, dan skor nafsu makan subjektif.

6. Kalium 465 mg

Kalium dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali serta mengurangi batu ginjal dan pengreroposan tulang seiring bertambahnya usia. Selain itu, kadar kalium yang sangat rendah juga memiliki kaitan dengan masalah pada hati.

7.ย Vitamin C 35,4 mg

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu menjaga kulit dan rambut tampak lebih sehat dan awet muda. Vitamin C juga dapat membantu tubuh membentuk dan memelihara jaringan ikat, termasuk tulang, pembuluh darah, dan kulit.

Baca Juga :  Meski Sangat Lezat, Konsumsi Daging Merah Berlebihan Tidak Baik Bagi Kesehatan

8. Folat 34 g

Folat, atau yang disebut pula dengan vitamin B9, merupakan nutrisi yang sangat penting, terutama bagi ibu hamil. Folat dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan mental. Studi dari Harvard Health juga menunjukkan bahwa folat mungkin juga berguna dalam mengobati gejala depresi.

9. Vitamin A 145 IU

Vitamin A sangat penting untuk fungsi penglihatan yang baik dan dapat membantu melindungi permukaan mata (kornea). Vitamin A juga dikenal sebagai retinol. Kandungan retinol kerap dijumpai dalam pembersih wajah dan pelembab karena dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membantu mencegah munculnya kerutan.

10. Tanin

Buah sawo juga mengandung tanin, biomolekul yang dapat ditemuakn di beberapa buah dan makanan nabati lainnya. Kandungan ini dapat memberikan manfaat antimikroba yang membantu melawan infeksi, mempercepat pembekuan darah, dan mengurangi tekanan darah.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com