JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kendalikan Persebaran PMK, Menko Airlangga Berharap Tiga Juta Vaksin yang Ada Segera Disuntikkan

Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, sebanyak tiga juta dosis vaksin di Indonesia seyogyanya segera disuntikkan.

Hal itu merupakan langkah cepat untuk mengatasi dan membatasi persebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi di Indonesia.

“Sudah ada 3 juta dosis vaksin di Indonesia dengan anggaran yang sudah disiapkan. Sehingga vaksin yang sudah ada harus segera disuntikkan,” tegas Menko Airlangga usai Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) Pembahasan Penanganan PMK pada Hewan Ternak, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga :  Airlangga Ajak Pesantren Ambil Peran Vital dalam Meningkatkan Kualitas SDM

Rakortas tersebut dihdiri oleh Menko PMK, Menteri Keuangan, Menteri Pertanian, Kepala BNPB selaku Ketua Satgas Penanganan PMK, Kepala Badan Pangan Nasional, Dirut BULOG dan Pimpinan K/L yang lain.

Persebaran penyakit PMK tergolong cepat dan meluas, karena tidak lagi menjangkiti ternak sapi saja. Melainkan sudah menjalar ke ternak kerbau, kambing, domba dan babi.

Untuk itu, jelas Menko Airlangga, Pemerintah akan semakin mempercepat penanganan penyakit PMK, mulai dari mendorong Satgas bekerja dengan cepat, melakukan percepatan vaksinasi dan pengaturan lalulintas ternak.

Baca Juga :  Buntut Meme Stupa, Roy Suryo Terancam Hukuman Tak Main-Main. Tiga Pasal 6 Tahun Penjara

“Sudah ada Keputusan Ketua Komite PCPEN Nomor 2 Tahun 2022 tentang Satgas Penanganan PMK dengan Tim Pelaksana yang diketuai Kepala BNPB dibantu 5 Wakil Ketua dari Kementan, Kemendagri, Kemenko, TNI dan POLRI,” kata Menko Airlangga.

Selain itu, secara regulasi juga  sudah diterbitkan InMendagri Nomor 31 Tahun 2022 tentang Penanganan Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Serta Kesiapan Hewan Kurban Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com