JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Wisuda 269 Siswa, MTsN 4 Sragen Torehkan Banyak Prestasi Daerah hingga Nasional. Bikin Bangga Ketua Komite dan Kepala Kemenag

PLH Kepala MTSN 4 Sragen, Warsana saat mewisuda 269 siswa kelas IX, Kamis (16/6/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Sragen melepas 269 siswa kelas IX yang telah menamatkan studinya, Kamis (16/6/2022).

Mereka dilepas melalui prosesi wisuda yang digelar di madrasah setempat di Plupuh, Sragen. Prosesi wisuda dihadiri oleh semua siswa kelas IX didampingi para wali mereka.

Hadir dalam kegiatan itu, PLH Kepala Madrasah, Warsana mewakili Kepala Madrasah Sumanto yang tengah menunaikan ibadah haji.

Turut hadir Ketua Komite, Giyanto, Camat Plupuh Edy Purwanto hingga Kepala Kantor Kemenag Sragen, Ihsan Munadi.

Dalam sambutannya, Plh Kepala MTSN 4 Sragen, Warsana mengatakan bersyukur bisa kembali menggelar wisuda untuk pelepasan siswa setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi.

Selain mengapresiasi kelulusan para siswa, wisuda juga digelar sebagai sarana sosialisasi ke masyarakat terkait keberadaan MTsN 4 Sragen yang terus berbenah dan sudah menorehkan banyak prestasi.

Di tahun ini, MTsN 4 Sragen sudah meraih juara I Lomba Adiwiyata Kabupaten dan akan mewakili maju ke tingkat provinsi. Kemudian meraih juara 2 lomba komite sekolah tingkat kabupaten.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI
Para siswa kelas IX MTsN 4 Sragen didampingi wali murid saat menghadiri wisuda, Kamis (16/6/2022). Foto/Wardoyo

Torehan tak kalah mengagumkan ditunjukkan di bidang akademik. Warsana menyebut selama tahun ajaran 2021/2022, MTsN 4 Sragen mampu meraih 3 medali emas, 6 medali perak dan 14 medali perunggu untuk prestasi non akademik.

Sedangkan prestasi akademik meraih 671 emas, 722 perak dan 753 perunggu. Termasuk di tingkat nasional menjadi juara umum National Science and Sosial Competition 2.0 Jenjang SMP/Sederajat tahun 2022 dan Juara Umum Divya Competition 3.0 jenjang SMP/Sederajat tahun 2022.

Capaian itu akan terus ditingkatkan dengan menyiapkan program baru yakni merintis kelas unggulan di tahun ajaran baru nanti.

Ditargetkan ada 4 kelas unggulan terdiri dari satu kelas unggulan hafiz Qur’an dan 3 kelas unggulan akademik.

“Nanti siswa yang unggul secara akademis akan diseleksi untuk kelas unggulan tersebut. Satu kelas unggulan di hafalan Qur’an. Tujuannya untuk menjadikan anak lebih unggul di bidangnya masing-masing. Untuk kelas unggulan akademik, nanti jenis mapel keunggulannya apa akan dideteksi satu persatu untuk dipersiapkan lomba-lomba mewakili madrasah,” tandasnya.

Penyerahan reward untuk 10 lulusan dengan nilai terbaik. Foto/Wardoyo

Kepala Kemenag Sragen, Ihsan Munadi dalam sambutannya mengapresiasi capaian beragam prestasi yang ditunjukkan MTsN 4 Sragen.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

Ia berharap para siswa yang sudah lulus untuk menjadikan ilmu selama belajar di madrasah sebagai bekal pengetahuan ke jenjang selanjutnya.

“Patut bersyukur begitu banyak prestasi di MTsN 4 Sragen ini. Terpilih sebagai madrasah Adiwiyata dan yang menilai bukan dari kemenag tapi dari tim kabupaten. Kemudian pencanangan madrasah berbasis riset, ini sesuatu yang luar biasa,” ujarnya.

Sejumlah pejabat Muspika saat memberikan ucapan selamat kepada lulusan terbaik di MTsN 4 Sragen. Foto/Wardoyo

Senada, Ketua Komite, Giyanto juga mengapresiasi banyaknya prestasi yang terus ditunjukkan MTSN 4 dari tahun ke tahun. Tak hanya fisik yang terus berbenah, prestasi akademik dan non akademik yang ditunjukkan para siswa dan madrasah juga makin bersinar.

“Tahun ini bisa juara I Adiwiyata kabupaten dan maju provinsi. Komite sekolah juga satu-satunya sekolah di bawah Kemenag yang dapat juara 2. Ketiga, prestasi medali emas secara keilmuan juga sudah ada ribuan medali selama setahun ini. Tentu ini sesuatu yang luar biasa dan sangat bagus berimbas meningkatkan animo masyarakat sangat tinggi untuk menyekolahkan anaknya di sini,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com